Militan ISIS mulai terdesak oleh pasukan pemerintah Irak di Fallujah


ISIS- Pasukan pemerintah Irak kembali meraih kemenangan di sejumlah wilayah dari kelompok yang menyebut diri Negara Islam ISIS di Fallujah - salah satu kota besar yang dikuasai oleh ISIS.
Kota tetangganya Karma, yang merupakan garis pertama pertahanan ISIS, sekarang dikuasai oleh militer, seperti dilaporkan oleh koresponden BBC.
Pemerintah juga telah menerjunkan lebih banyak pasukan tempur di dekat Fallujah, yang terletak sekitar 45km dari Baghdad.
Tetapi ISIS kemudian kembali melakukan serangan bom bunuh diri dengan menggunakan mobil di bagian utara Fallujah, menewaskan dan melukai sejumlah tentara Irak.
Sebuah serangan balasan di bagian selatan dibantu dengan tembakan dari helikopter, seperti dilaporkan wartawan BBC Jim Muir yang berada di Karma.
Sejumlah serangan ini terjadi setelah komandan ISIS di Fallujah, Maher al-Bilawi dan puluhan anggota kelompok militan ini tewas dalam serangan pasukan koalisi yang dipimpin oleh AS.

Sekitar 50.000 warga sipil masih terjebak di kota tersebut dan telah diperingatkan untuk menghindari wilayah ISIS melalui selebaran yang disebarkan melalui udara dan diminta untuk meletakkan sprei putih di atap rumah mereka, jelas militer AS.
PBB mengatakan telah mendapatkan sejumlah laporan warga sipil menderita kelaparan dan tewas karena menolak bergabung dengan militan ISIS.
Fallujah dikuasai ISIS pada 2014 lalu, yang menjadi peristiwa penting dari kelompok yang mendeklarasikan pembentukan kekhalifahan di Irak dan Suriah.
Kota besar lain di Irak yang dikuasai ISIS adalah Mosul.


Sumber:  http://www.bbc.com

Berlangganan Berita Terbaru:

0 Response to "Militan ISIS mulai terdesak oleh pasukan pemerintah Irak di Fallujah"

Post a Comment

Sumber Lain