1 Juni Libur Nasional Resmi Ditetapkan Pemerintah, Peringati Hari Kelahiran Pancasila

 Pancasila
Pemerintah saat ini tengah mempersiapkan peraturan presiden untuk menetapkan tanggal 1 Juni 1945 sebagai Hari Lahir Pancasila. Untuk selanjutnya pada tanggal 1 Juni akan menjadi hari libur nasional.
Mengenai rencana penetapan tanggal 1 Juni 1945 sebagai Hari Lahir Pancasila sudah pernah dibahas. Bahkan pembahasannya sudah sampai di tingkat 1 Eselon sampai kementerian. Rancangan Perpres juga pernah dibahas oleh Sekretariat Negara dan Sekretaris Kabinet dua bulan lalu.
Sampai saat ini peraturan presiden tersebut masih dalam tahap finalisasi dan Presiden Jokowi segera membubuhkan tanda tangan Perpres tersebut jika draf sudah selesai. Adapun tujuan penetapan tanggal 1 Juni Libur Nasional untuk memperingati hari kelahiran Pancasila supaya Pancasila tidak hanya dikenang dan diperingati saja tapi diterapkan dalam kehidupan sehari-hari.

Sekretaris Kabinet Pramono Anung mengatakan bahwa Presiden Jokowi tidak ingin jika Pancasila hanya sekedar diperingati saja tapi harus bisa diterapkan dalam kehidupan sehari-hari. Itulah sebabnya Hari Kelahiran Pancasila dijadikan sebagai hari libur nasional.
Diharapkan Pancasila benar-benar dilakukan oleh seluruh masyarakat bangsa Indonesia dan menjadi hasil yang nyata untuk masa depan Indonesia lebih sejahtera. Mengetahui ada rencana penetapan Hari Lahir Pancasila, Ketum PDIP Megawati Seokarno Putri sangat bersyukur.

Megawai Soekarno Putri mengaku sangat bersyukur karena Pancasila akhirnya dihormati. Bu Mega mengatakan implementasinya bisa dirayakan karena pada 1 Juni dijatuhkan hari libur nasional. Megawati menambahkan sampai saat ini Indonesia masih bersatu karena rakyat menyadari bahwa Pancasila sebagai pemersatu bangsa.
Dahulu di awal Orde Baru justru pernah dilarang memperingati tanggal 1 Juni karena hanya ada Hari Kesaktian Pancasila yang diperingati setiap tanggal 1 Oktober. Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo saat pidato di Alun-alun Kota Blitar, Jawa Timur pada 1 Juni 2015 bertepatan dengan Hari Lahir Pancasila menyampaikan Pramono Agung menyatakan jika nilai-nilai dari Pancasila yang digagas oleh proklamator Kemerdekaan Republik Indonesia, Soekarno harus tetap diperjuangkan.

Sumber: http://www.newsth.com

Berlangganan Berita Terbaru:

0 Response to "1 Juni Libur Nasional Resmi Ditetapkan Pemerintah, Peringati Hari Kelahiran Pancasila"

Post a Comment

Sumber Lain