Antara Dakwaan KPK VS Jaminan Tak Ada Uang ke Majelis Saipul Jamil


Jakarta - KPK mendakwa ada aliran dana mengarah ke majelis Saipul Jamil untuk mengatur vonis akhir ke pedangdut itu. Sebelumnya, Pengadilan Negeri Jakarta Utara (PN Jakut) menjamin tak ada aliran uang ke majelis. Pengadilan Tipikor Jakarta menjadi kancah pembuktian.

Dalam catatan detikcom, Senin (5/9/2016) PN Jakut berkali-kali menyangkal dan membantah adanya permintaan uang untuk mengurus vonis Saipul Jamil.


"Kami yakin tidak ada uang mengalir ke majelis. Saya sebagai anggota majelis di perkara Saipul berani menjamin tidak ada pertemuan di luar sidang dengan pihak berperkara. Tidak ada itu," kata humas PN Jakut Hasoloan Sianturi yang juga anggota majelis Saipul Jamil pada 16 Juni 2016.

Hal itu diulangi lagi saat majelis hakim diperiksa KPK sebulan setelahnya.

"Nggak pernah kita bertemu, dan nggak pernah terkait dengan perkara itu, karena dia bukan panitera penggantinya (perkara Saipul Jamil)," kata Hasoloan.

Hal senada dinyatakan oleh hakim Dahlan. Vonis yang dijatuhkan murni atas dasar pertimbangan hukum, bukan pertimbangan suap. 


"Nggak ada, nggak ada. Murni musyawarah majelis hakim," ujar Dahlan.

Ifa sebagai ketua majelis juga menyangkal keras adanya uang mengalir di perkara itu. Dalam dakwaaan KPK, Ifa sebagai ketua majelis disebut dijanjikan uang Rp 250 juta.

"Saya bilang saya tidak pernah berkomunikasi apapun dengan Rohadi. Komunikasi dalam arti berkaitan dengan perkara itu. Karena saya tidak pernah meminta uang dan tidak pernah menjanjikan sesuatu. Jadi ya enggak ada," kata Ifa di KPK.

Kini jaminan para 'Wakil Tuhan' itu dipertaruhkan di persidangan. Apakah benar atau dakwaan KPK yang terbukti. Pengacara Bertha sebagai salah satu terdakwa dibidik KPK mengalirkan uang ke majelis hakim. Bahkan Bertha siap menjadi justice collabotartor. KPK juga mengurai ada tawar menawar putusan Saipul Jamil, termasuk harga untuk lamanya vonis.

Sidang itu akan kembali digelar sidang ini di Pengadilan Tipikor Jakarta.

Sumber : http://news.detik.com

Berlangganan Berita Terbaru:

0 Response to "Antara Dakwaan KPK VS Jaminan Tak Ada Uang ke Majelis Saipul Jamil"

Post a Comment

Sumber Lain