Ahok Minta Foke Diperiksa soal Reklamasi, Ini Kata KPK


Jakarta - Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) meminta agar Fauzi Bowo (Foke) diperiksa KPK lantaran tidak menyertakan soal kontribusi tambahan dalam izin yang dikeluarkannya untuk pengembang reklamasi. Terkait hal tersebut, KPK menyatakan bahwa pengembangan penyidikan kasus tersebut masih terus dilakukan.

"Untuk pendalaman dan pengembangan penyidikan kan masih terus berjalan dan dilakukan. KPK sangat terbuka terhadap informasi-informasi dan masukan dari berbagai pihak. Kami sangat senang sekali jika informasi itu disertai data yang cukup akurat dan kesaksian yang disertai data itu. Sangat membantu kami," ucap Kabag Pemberitaan dan Publikasi KPK Priharsa Nugraha, Rabu (7/9/2016).

"Jadi KPK tidak menutup diri dan tidak pernah ada pernyataan bahwa penanganan perkara reklamasi berhenti sampai di situ," lanjut Priharsa.

Sebelumnya saat bersaksi di Pengadilan Negeri Tindak Pidana Korupsi (PN Tipikor) Jakarta Senin, 5 September lalu, Ahok mempersoalkan tentang tidak adanya kontribusi tambahan dalam izin yang dikeluarkan Foke ketika menjabat sebagai Gubernur DKI Jakarta. Menurut hemat Ahok, apa yang dilakukan Foke itu merupakan sebuah korupsi.

"Justru saya mempersoalkan kenapa Pak Fauzi Bowo memberikan izin di 2012 tanpa kata 'kontribusi tambahan'?" ucap Ahok sembari merujuk pada tahun 1997, ada frase tentang 'kontribusi tambahan' yang dicantumkan oleh gubernur saat itu. Ahok mengatakan kalau dia tidak mencantumkan kontribusi tambahan dalam rancangan Peraturan Daerah (raperda) maka bisa disebut tindak pidana korupsi.

"Ya. Saya harap kalau ketemu bisa diproses lebih dalam untuk masalah ini. Kalau Anda mau ini dilanjut," kata Ahok. "Proses lebih dalam!" pekik Ahok kemudian.

Foke sendiri pernah diwawancara soal pemberian izin reklamasi tersebut pada April 2016. Namun saat itu, Foke mengaku sudah lupa tentang pemberian izin reklamasi itu.

"Jangan tanya soal Jakarta, sudah lama, sudah lupa. Apalagi itu (reklamasi), saya sudah lupa. Nanti ditanya A bisa jadi C," kata Foke di Hotel Adlon Kempinski, Berlin, Jerman.

Sumber : http://news.detik.com

Berlangganan Berita Terbaru:

0 Response to "Ahok Minta Foke Diperiksa soal Reklamasi, Ini Kata KPK"

Post a Comment

Sumber Lain