PD Perhitungkan Usung Risma-Anies Baswedan ke Pilgub DKI


Jakarta - Partai Demokrat (PD) menjadi salah satu partai yang bergabunh dalam Koalisi Kekeluargaan. PD pun tengah memantau nama-nama tokoh yang masuk di bursa cagub DKI, termasuk Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini dan eks Mendikbud Anies Baswedan.

"DPP Demokrat sedang memperhitungkan dengan matang dan seksama pengambilan keputusan terkait Pilkada DKI," ungkap Ketua DPP PD Didik Mukriyanto dalam perbincangan, Selasa (9/8/2016).

Didik menyebut, tidak mudah untuk membuat keputusan yang tepat dan proper dalam Pilgub DKI ini. Sebab peta politik calon yang dinamis bisa berujung kepada kompetisi yang ketat dan kompetitif atau sebaliknya.

"Hingga kalkulasi matematika politik parpol koalisi yang sangat mempengaruhi keputusan politik setiap parpol di DKI," ujarnya.

PD pun tengah mengkaji banyaknya aspirasi publik yang menghendaki lahirnya pasangan gubernur di luar kandidat cagub incumbent Basuki T Purnama (Ahok). Seperti nama Kepala BNN Komjen Budi Waseso dan Sandiaga Uno yang diajukan Partai Gerindra. Juga Risma-Uno.

"Termasuk aspirasi masyarakat terhadap Risma dan Anies Baswedan," jelas Didik.

Pria yang juga menjabat sebagai Sekretaris Fraksi PD DPR ini mengatakan, aspirasi-aspirasi tersebut sangat rasional dalam hitungan politik. PD juga masih mempertimbangkan nama Sjarief Sjamsoeddin.

"Ini bisa menjadi bagian kalkulasi politik untuk menentukan pilihan. Karena semua parpol standingnya ingin memenangkan para pasangan calon yang diusung," kata Didik.

Tak hanya itu, PD pun masih menunggu pergerakkan politik dari PDIP sebagai partai pemenang pemilu. Didik juga menegaskan, hingga saat ini PD belum benar-benar mengerucutkan nama pasangan siapa yang akan diusungnya meski tetap menampung aspirasi dari berbagai kalangan, termasuk dari kader internal.

"Kita sedang menunggu sikap partai-partai di luar koalisi Ahok, khususnya PDIP. Kita masih belum yakin sikap PDIP untuk mengusung Risma," tutur anggota Komisi III DPR tersebut.

"Peta politik sangat dinamis dan PDIP menjadi bahian patron setiap parpol dalam mengkalkulasi sebelum membuat keputusan," pungkas Didik.

Sumber : http://news.detik.com

Berlangganan Berita Terbaru:

0 Response to "PD Perhitungkan Usung Risma-Anies Baswedan ke Pilgub DKI"

Post a Comment

Sumber Lain