Dikecam karena Banyak Pemakai Narkoba Tewas, Duterte: Apakah Mereka Manusia


Manila, - Presiden Filipina Rodrigo Duterte menuai kecaman terkait perangnya melawan narkoba, yang bukan hanya menargetkan para pengedar namun juga pemakai narkoba. Duterte dituding telah melakukan kejahatan terhadap kemanusiaan dengan tewasnya para pemakai narkoba dalam perang yang dilancarkannya.

"Kejahatan terhadap kemanusiaan? Pertama-tama, saya ingin jujur dengan Anda: apakah mereka manusia? Apa definisi Anda tentang manusia?" kata Duterte di depan para tentara saat dirinya berkunjung ke sebuah kamp militer Filipina.

"Hak-hak asasi manusia? Gunakan sebagaimana mestinya dalam konteks yang tepat jika Anda punya otak," cetusnya seperti dilansir kantor berita AFP, Senin (29/8/2016).

Sekitar 2 ribu orang terkait narkoba dan kejahatan lainnya telah tewas sejak Duterte dilantik menjadi presiden pada Mei lalu. Badan Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) pun telah mengecam keras Duterte terkait banyaknya korban tewas tersebut. Namun Duterte membela kebijakan kontroversialnya.

"Anda tak bisa melancarkan perang tanpa membunuh," ujar Duterte seraya menambahkan, banyak pemakai narkoba yang tak bisa lagi direhabilitasi.

Sebelumnya, Kepala Kepolisian Nasional Filipina Ronald Dela Rosa menyerukan para pemakai narkoba untuk membunuh para pengedar narkoba dan membakar rumah mereka.

"Kenapa kalian tidak mendatangi mereka, menyiramkan bensin ke rumah mereka dan membakarnya untuk meluapkan kemarahan kalian," cetus Dela Rosa pada Jumat (26/8) lalu. Namun kemudian Dela Rosa menyampaikan permintaan maaf atas pernyataannya tersebut.

Akan tetapi, Duterte membela Dela Rosa. "Itu gaya saya. Dia menirunya," tutur Duterte.

Duterte pun mengejek PBB yang telah mengkritiknya. "Apakah mereka ingin saya dipenjara? Apakah orang-orang idiot itu berpikir saya akan ditangkap hidup-hidup. Ya Tuhan, kita akan bersama-sama di neraka," cetus pria berumur 71 tahun itu.

Duterte yang meraih kemenangan telak dalam pemilihan presiden Mei lalu, telah berjanji akan membunuh ratusan ribu tersangka pelaku kejahatan. Aparat kepolisian pun telah diperintahkan olehnya untuk menembak mati para tersangka yang melawan saat akan ditangkap.

Sumber ; http://news.detik.com

Berlangganan Berita Terbaru:

0 Response to "Dikecam karena Banyak Pemakai Narkoba Tewas, Duterte: Apakah Mereka Manusia"

Post a Comment

Sumber Lain