Berlayar Sangat Dekat, Kapal Iran Dianggap Melecehkan Kapal Militer AS


Washington - Kembali terjadi, kapal militer Iran mendekati kapal patroli Angkatan Laut Amerika Serikat (AS) di perairan Teluk. AS menyebut insiden itu melecehkan pihaknya karena kapalnya didekati hingga jarak 91 meter saja.

Seperti dilansir Reuters, Rabu (7/9/2016), insiden yang terjadi pada Minggu (4/9) waktu setempat ini, merupakan insiden keempat yang terjadi dalam waktu kurang dari sebulan terakhir. Otoritas AS khawatir tindakan Iran ini akan memicu kesalahan yang berakibat fatal.

Dituturkan juru bicara Pentagon, Kapten Jeff Davis, kapal militer Iran berlayar tepat di depan USS Firebolt hingga memaksa kapal AS sepanjang 53 meter ini mengubah arah. Menurut Davis, insiden ini berawal ketika tujuh kapal militer Iran 'melecehkan' USS Firebolt.

"Sungguh tidak aman dan tidak profesional karena kurangnya komunikasi dan terjadinya manuver jarak dekat yang melecehkan," sebut seorang pejabat pertahanan AS yang enggan disebut namanya, soal interaksi antara kapal AS dengan kapal Iran itu.

Kapal AS sudah mencoba berkomunikasi dengan kapal Iran itu via radio sebanyak tiga kali namun tidak mendapat respons.

Otoritas AS menyebut, telah terjadi 31 interaksi serupa dengan kapal-kapal Iran sepanjang tahun ini. Jumlah tersebut mencapai dua kali lipat dari periode yang sama, tahun lalu. "Kami tidak melihat aktivitas tidak aman dan tidak profesional seperti ini dari negara lain," tegas pejabat pertahanan AS itu.

Pada akhir Agustus lalu, sebuah kapal patroli Angkatan Laut AS melepas tembakan peringatan ke arah kapal Iran yang mendekati dua kapal AS. Insiden lain terjadi pada 23 Agustus, saat kapal militer Iran bergerak dalam kecepatan tinggi hingga mendekati USS Nitze dengan jarak hanya 274 meter di Selat Hormuz. Menanggapi insiden itu, Menteri Pertahanan Iran menyebut kapal-kapal Iran itu hanya menjalankan tugas rutin.

Pekan lalu, Kepala Komando Pusat AS Jenderal Joseph Votel menyebut manuver tidak aman semacam itu di perairan Teluk merupakan bagian dari upaya rezim Iran untuk memamerkan pengaruhnya di kawasan.

Sumber : http://news.detik.com

Berlangganan Berita Terbaru:

0 Response to "Berlayar Sangat Dekat, Kapal Iran Dianggap Melecehkan Kapal Militer AS"

Post a Comment

Sumber Lain