Sekelompok pria bersenjata menyerang negara bagian Assam, India


Sekelompok pria bersenjata menyerang dan menembaki sebuah pasar sebelah timur laut negara bagian Assam, India. Serangan terhadap pasar yang tengah sibuk itu menewaskan sedikitnya 13 orang.

Kepala polisi Assam, Mukesh Sahay mengatakan, serangan itu terjadi di sebuah pasar di Balajan, sebuah area di luar kota Kokrajhar. Beberapa toko dan rumah rusak akibat serangan tersebut.

"Banyak warga sipil menderita luka-luka ketika gerilyawan melepaskan tembakan membabi buta. Mereka juga melemparkan granat," katanya seperti dikutip dari BBC, Sabtu (6/8/2016).

Pihak kepolisian menyalahkan serangan tersebut kepada kelompok pemberontak dari faksi Front Demokrasi Nasional Bodoland (NDFB). Kelompok ini menginginkan negara merdeka bagi suku Bodo dan berdiri diatas wilayah Assam.

Laporan mengatakan satu tersangka pemberontak tewas dalam baku tembak dengan pasukan keamanan di distrik Kokrajhar. Saat ini, tentara tengah mengejar lima orang lainnya yang melarikan diri. 

Pada tahun 2014, pemberontak NDFB menewaskan sedikitnya 62 orang di Sonitpur dan Kokrajhar. Bodos sekarang memiliki dewan wilayah otonom yang dikotrol oleh salah satu partai mereka, Front Rakyat Bodoland (BPF). Dewan ini menawarkan otonomi daerah yang cukup untuk lebih dari 3.000 desa yang merupakan rumah bagi suku Bodo.


Sumber : sindonews.com

Berlangganan Berita Terbaru:

0 Response to " Sekelompok pria bersenjata menyerang negara bagian Assam, India"

Post a Comment

Sumber Lain