Rizal Ramli 'Rajawali Ngepret' Hanya 11 Bulan Duduk Sebagai Menteri


Jakarta - Menteri Koordinator Kemaritiman Rizal Ramli tak lama menduduki posisi sebagai menteri. Dilantik pada 12 Agustus 2015, kini Rizal harus lengser digantikan oleh Luhut Binsar Pandjaitan.

Jabatan menteri bukan hal baru bagi Rizal. Dia pernah jadi Menteri Koordinator bidang Perekonomian dan menteri Keuangan di era Presiden Abdurrahman Wahid (Gus Dur). Tak hanya itu, dia juga pernah menjabat sebagai sebagai Kepala Badan Urusan Logistik (Bulog).

Di era Jokowi, Rizal Ramli menjadi Menko Kemaritiman menggantikan Indroyono Susilo. Namanya mencuat pada reshuffle kabinet jilid I sebagai wajah baru bersama Thomas Lembong dan beberapa menteri lainnya.

Setelah menjabat, Rizal membuat sejumlah gebrakan. Sebagian ada yang kontroversial dan kerap bersinggungan dengan menteri lain. Dalam beberapa pernyataan, dia kerap melontarkan istilah jurus 'rajawali ngepret' ketika ingin membersihkan sesuatu yang tidak beres. Sehingga tak heran, Rizal mendapat julukan 'Rajawali Ngepret' atau Raja Ngepret.

Kini, setelah kurang lebih 11 bulan menjabat, Rizal diganti posisinya oleh Luhut Pandjaitan. Sebelumnya, Luhut menduduki posisi Menteri Koordinator Politik Hukum dan Keamanan. Presiden Joko Widodo memastikan, pergantian menteri kali ini dilakukan untuk memenuhi kebutuhan masyarakat. Presiden juga ingin membentuk sebuah tim yang solid dan saling mendukung satu sama lain.

"Agar kabinet kerja bisa lebih cepat, progresif, bekerja dalam tim yang solid, dan saling mendukung dalam waktu yang secepat-cepatnya. Atas pertimbangan ini Presiden dan Wapres memutuskan perombakan kabinet yang kedua," kata Jokowi.

Di kantor Kemenko Kemaritiman, Jl MH Thamrin, hingga pukul 11.00 WIB Rizal belum terlihat di kantor. Bagi para pegawai, Rizal ternyata meningglkan kesan yang sangat mendalam.

"Saya sudah 2 tahun kerja di sini (Kemenko Kemaritiman) baru nemu orang seperti Pak Rizal. Beliau enggak segan untuk menyapa atau menepuk pundak petugas-petugas di sini," kata petugas keamanan tersebut.

"Padahal baru sebentar, ya, Pak Rizal di sini sudah mau diganti saja," seloroh temannya.

Sumber : http://news.detik.com

Berlangganan Berita Terbaru:

0 Response to "Rizal Ramli 'Rajawali Ngepret' Hanya 11 Bulan Duduk Sebagai Menteri"

Post a Comment

Sumber Lain