Obama Bakal Gelar Open House di Gedung Putih Saat Idul Fitri Nanti


Washington DC - Presiden Amerika Serikat (AS) Barack Obama menyampaikan selamat menjalankan ibadah puasa bagi Umat Muslim di negaranya dan di seluruh dunia. Dia juga menyatakan akan menggelar 'open house' di Gedung Putih saat Idul Fitri nanti.

"Sebagaimana yang saya lakukan selama masa kepresidenan saya, saya menantikan untuk membuka pintu Gedung Putih kepada Muslim Amerika selama hari istimewa - tahun ini untuk Hari Raya Idul Fitri yang menandai akhir Ramadan," kata Obama dalam keterangan pers resmi Gedung Putih, dikutip detikcom pada Rabu (8/6/2016).

Obama menyatakan bulan puasa dan Idul Fitri tahun ini adalah yang terakhir baginya selama menjabat sebagai Presiden AS. Dia menyatakan open house di Gedung Putih adalah suatu penghormatan bagi Muslim AS dan Muslim dunia pada umumnya.

"Saya tak bisa memikirkan cara lain untuk menandai perayaan Ramadan terakhir selama pemerintahan saya sebagai Presiden, selain untuk memberi penghormatan untuk Muslim di Amerika dan seluruh dunia untuk Idul Fitri. Ramadan Karim," kata Obama sembari berucap selaman Ramadan.

Bagi dia, bulan Ramadan adalah kesempatan untuk berefleksi dan mengasihi pihak yang kurang beruntung. Komunitas Muslim di AS sendiri, menurut Obama, sangat beragam dan harus saling kasih-mengasihi satu sama lain. Di antara mereka komunitas Muslim AS, ada yang memang punya akar sejak terbentuknya negara AS dan ada pula yang baru datang di masa-masa belakangan ini.

"Ini adalah satu waktu dalam setahun yang membawa hidangan terbaik kepada meja seluruh dunia dalam satu keluarga dan tetangga, bersatu untuk berbuka puasa," ujarnya.

Obama juga mengingat masyarakat yang masih terhujani konflik di berbagai belahan dunia. Banyak di antara mereka adalah Muslim yang mungkin tak bisa menjalani bulan suci Ramadan dengan nyaman, atau tak bisa pula merayakan Idul Fitri nanti bersama anak-anaknya. AS, kata dia, harus bersama-sama membantu meringankan penderitaan mereka. Dia lantas membuka pintu bagi para imigran.

"Kita akan melanjutkan untuk mempersilakan imigran dan pengungsi masuk ke negara kita, termasuk mereka yang Muslim," ujar Obama.

"Michelle dan saya menyampaikan ucapan selamat Ramadan kepada Muslim di seluruh Amerika Serikat dan seluruh dunia," kata Obama.


(dnu/dnu)

Sumber : http://news.detik.com

  AV> 


Berlangganan Berita Terbaru:

0 Response to "Obama Bakal Gelar Open House di Gedung Putih Saat Idul Fitri Nanti"

Post a Comment

Sumber Lain