Berbagi Inspirasi Lewat Indonesia Knowledge Forum


Jakarta - Ada banyak cara yang dapat dilakukan untuk memperluas wawasan kita, salah satunya dengan saling berbagi dan menginspirasi. Berbagi dan menginspirasi satu dengan yang lain merupakan kegiatan edukatif yang dapat menambah pengetahuan kita mengenai hal-hal baru yang sebelumnya tidak diketahui.

PT Bank Central Asia Tbk  sebagai salah satu perusahaan yang bergerak di bidang perbankan ingin turut serta mengambil peran untuk mewadahi kegiatan berbagi ilmu dan menginspirasi masyarakat Indonesia. Salah satunya melalui badan usahanya yakni BCA Learning Service (BLS). Setiap tahun, BLS konsisten mengadakan Indonesia Knowledge Forum (IKF) yang kerap mendapatkan respon positif dari masyarakat.

Siapa menyangka, menilik sejarahnya, IKF ternyata dimulai dari langkah sederhana. Komisaris BCA, Cyrillus Harinowo, menceritakan bahwa IKF dimulai dari sebuah ide sederhana. ”A very simple beginning,” paparnya.

Pada tahun 2003 silam, BLS lahir sebagai badan usaha dari Yayasan Bakti BCA. Mengawali tahun kelahirannya tersebut, BLS mulai menyumbang untuk Yayasan Bakti BCA meskipun jumlahnya belum seberapa. Melalui seminar-seminar yang diadakan oleh BLS, sumbangsih badan usaha tersebut kepada yayasan  terus meningkat sehingga bisa memberikan bantuan lebih banyak lagi kepada Yayasan.

Mengingat apresiasi masyarakat yang tinggi terhadap seminar yang digagas BLS, terpikirkanlah untuk mengubah seminar itu menjadi forum berbagi pengetahuan secara global dan lebih bermanfaat bagi masyarakat Indonesia. Akhirnya jadilah IKF seperti sekarang ini.

Cyrillus Harinowo menuturkan, para pembicara di IKF harus membangkitkan optimisme dan menginspirasi masyarakat. Forum IKF juga menjadi panggung untuk saling bertukar informasi serta membangun networking. Tujuan besar tersebut terwujud dalam berbagai tema yang dihadirkan di IKF.

IKF I mengangkat tema tentang pengembangan dan pemanfaatan pengetahuan untuk membangun keunggulan kompetitif bangsa Indonesia. Pada tahun selanjutnya (IKF II), tema yang diusung ialah mengenai pembangunan negara dengan judul ”Building Our Nation with Creatinnovation Culture”. Pada IKF II ini, disampaikan bahwa inovasi ialah pencapaian tertinggi dari sebuah pengetahuan.

Pada tahun 2014, IKF III membawa tagline besar yang digunakan pada setiap IKF berikutnya yakni ”Moving Our Nation to The Next Level”. Di tahun tersebut, tema yang diangkat adalah ”Cultivating New Paradigm with Technopreneurship and Innovative Leardership”. Pada IKF III ini, technopreneurship menjadi topik khusus yang menarik perhatian banyak orang.

Pada tahun berikutnya, dengan tagline yang tetap sama, IKF IV mengusung tema ”Utilizing Knowledge for Sustainable Innovation Across Generation”. Pembahasan utama IKF IV ialah bagaimana kita memanfaatkan pengetahuan untuk inovasi yang berkesinambungan, bahkan hingga lintas generasi berikutnya.

Pada tahun 2016 ini, IKF V akan mengangkat tema ”Moving Our Nation to The Next Level: Optimizing Knowledge and Creativity to Ride The Wave of New Generation in Accelerating Indonesia Economy”. Tahun ini, IKF V akan diadakan pada 6-7 Oktober 2016 di Ritz-Calton Pacific Place Hotel, Jakarta.

Hal yang spesial di tahun ini, IKF V akan menghadirkan Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Darmin Nasution sebagai keynote speaker. Selain itu, IKF V juga akan menghadirkan pembicara-pembicara nasional yang inspiratif, di antaranya Emirsyah Sattar (Chairman of MatahariMall.com), Yohanes Surya (Founder of Yayasan Surya Institute), Abdullah Azwar Anas (Bupati Banyuwangi), Fauzi Ichsan (Kepala Eksekutif Lembaga Penjaminan Simpanan), William Tanuwijaya (CEO Tokopedia), Pandji Pragiwaksono (indiepreneur, stand-up comedian), dan 12 pembicara terkemuka lainnya.

Jika Anda ingin mengambil bagian dalam perubahan dan kebangkitan ekonomi Indonesia, bergabunglah bersama para eksekutif dan profesional lainnya di IKF V 2016. Dengan investasi Rp4,6 juta per tiket (harga normal) dan early bird seharga Rp4,4 juta (hingga 4 September 2016) per tiket, Anda dapat menjadi bagian dalam kegiatan berbagi ilmu dan inspirasi pada IKF V 2016. Dapatkan juga promo menarik, yaitu membeli 5 tiket dengan harga 4 tiket (berlaku kelipatan).

Untuk informasi lebih lanjut, Anda dapat mengunjungi www.bcalearningservice.com atau melalui telepon 021-25563000 ext. 53308/53287/53204/53288 (pada hari dan jam kerja) dan e-mail : bca_learningservice@bca.co.id.

Sumber : http://ekbis.sindonews.com

Berlangganan Berita Terbaru:

1 Response to "Berbagi Inspirasi Lewat Indonesia Knowledge Forum"

  1. Halo rekan-rekan Alnomeganews.com,
    Perkenalkan saya Helena Elisabet dari Karirpad.com.
    Sebagai Penyedia Informasi Lowongan Kerja Gratis (Online Job Portal), kami sudah menjalin kerja sama dengan ratusan Media Online sebagai Media Partner di Seluruh Indonesia, dan saat ini saya ingin menawarkan kerja sama dengan Alnomeganews.com.
    Konsep kerja sama yang kami tawarkan adalah “Full Barter”, yakni penayangan widget info lowongan kerja yang ada di Karirpad.com di media partner dan sebagai kontribusinya logo dan link media partner akan tayang di homepage Karirpad.com. Apabila tertarik, dapat mengkonfirmasi nomor kontak yang dapat dihubungi ke email helena@karirpad.com.
    Sukses selalu untuk kita.
    – Jabat Erat –

    ReplyDelete

Sumber Lain