5 Tahun Tewasnya Osama, CIA Beberkan 9 Menit Penyerbuan di Abbottabad


Washington - Saat peringatan 5 tahun kematian Osama bin Laden, Badan Intelijen Pusat Amerika Serikat (CIA) merilis detik-detik operasi militer terhadap pemimpin Al-Qaeda tersebut. Operasi militer yang digelar terhadap rumah persembunyian Osama di Abbottabad, Pakistan itu, hanya berlangsung 9 menit.

Disampaikan CIA melalui situsnya, seperti dilansir detikcom, Senin (2/5/2016), operasi penyerbuan Osama disetujui oleh Presiden AS Barack Obama pada 29 April lalu. CIA menyebut penyerbuan ini sebagai surgical attack, yakni serangan militer yang dilakukan dengan cara yang tepat sasaran terhadap suatu lokasi khusus.

Dalam artikel di situs CIA berjudul 'Minutes and Years: The Bin Ladin Operation', operasi ini dilaksanakan sebuah tim kecil dari pasukan operasi khusus AS yang sengaja dipilih demi meminimalisir collateral damage atau korban tewas maupun korban luka yang tak diinginkan.

"Helikopter tiba di persembunyian Abbottabad pada 2 Mei 2011, pukul 00.30 waktu Pakistan; satu helikopter jatuh, tapi penyerangan berlanjut tanpa penundaan," sebut CIA dalam keterangannya.

"Bin Ladin ditemukan dan dibunuh dalam waktu 9 menit. Setelah itu, identitas Bin Ladin positif teridentifikasi melalui sejumlah cara independen," beber CIA.

Melalui akun Twitternya, Senin (2/5) ini, CIA membeberkan detik-detik penyerbuan Osama melalui live tweet yang waktunya disesuaikan dengan waktu penyerbuan pada 1 Mei 2011 (2 Mei waktu Pakistan). Demikian detik-detik penyerbuan militer AS terhadap Osama bin Laden seperti disampaikan CIA:

Sumber : www.detik.com


Berlangganan Berita Terbaru:

0 Response to "5 Tahun Tewasnya Osama, CIA Beberkan 9 Menit Penyerbuan di Abbottabad"

Post a Comment

Sumber Lain