AS Belum Menyerah Upayakan Gencatan Senjata di Suriah


VIENTIANE - Amerika Serikat (AS) belum menyerah untuk terus mengupayakan gencatan senjata di Suriah meski pada pertemuan terakhir berujung kebuntuan. Menurut  Wakil Penasihat Keamanan Nasional AS, Ben Rhodes, Washington terus melakukan diskusi dengan Moskow untuk mewujudkan gencatan senjata di Suriah. Menurut Rhodes, pihaknya telah mengidentifikasi sejumlah perbedaan yang timbul.

"Setelah diskusi antara Presiden Putin dan Presiden Obama kemarin, kami merasa seperti kita sekarang telah mengidentifikasi kesenjangan yang tersisa dalam apa yang telah diskusi yang sangat luas dan teknis selama beberapa minggu sekarang," kata Rhodes dalam jumpa pers di Vientiane.

Menurut Rhodes, Menteri Luar Negeri AS John Kerry terus membangun komunikasi dengan koleganya asal Rusia Sergei Lavrov. "Dan mereka berencana untuk bertemu dalam beberapa hari mendatang untuk melihat apakah mereka dapat menyimpulkan kesepakatan, karena kita sekarang mengidentifikasi masalah yang tersisa," katanya seperti dalam rilis yang diterima Sindonews, Rabu (7/9/2016).

Rhodes menekankan bahwa kesepakatan gencatan senjata harus mencakup Penghentian Permusuhan yang memungkinkan bantuan kemanusiaan diberikan kepada orang-orang yang membutuhkan. "Kami ingin memastikan bahwa ada ruang untuk oposisi moderat, dan kami juga terbuka untuk bekerja sama dengan Rusia untuk fokus pada ancaman dari Al-Qaeda di Suriah, al-Nusra, serta ISIS," katanya.

"Jadi kita akan, sekali lagi, menindaklanjuti dalam diskusi antara Sekretaris Kerry dan Menteri Luar Negeri Lavrov, dan saya pikir kami telah membuat banyak kemajuan. Tapi kami tidak akan mengambil banyak yang tidak memenuhi tujuan dasar kita. Dan saya pikir kita akan tahu dengan cepat apakah atau tidak kita bisa menutup kesenjangan yang tersisa," tukasnya.


Sumber : http://international.sindonews.com

Berlangganan Berita Terbaru:

0 Response to "AS Belum Menyerah Upayakan Gencatan Senjata di Suriah"

Post a Comment

Sumber Lain