Festival Indonesia Dibuka, Ratusan Warga Rusia Penuhi Hermitage Garden


Moskow - Tabuh gong Dubes RI untuk Rusia dan Belarusia meresmikan pembukaan Festival Indonesia pertama di Rusia. Acara pembukaan begitu meriah dan sukses memancing ratusan warga Moskow ke lokasi festival.

Festival Indonesia 2016 mengambil tema "Visit Wonderfull Indonesia: Bali and Beyond". Festival ini digelar di Hermitage Garden yang merupakan salah satu taman terbesar di Kota Moskow pada 20-21 Agustus 2016.


Sejak pukul 10.00 Waktu setempat, Sabtu (20/8/2016) warga Rusia baik tua muda maupun anak-anak sudah berbondong-bondong ke taman seluas 6 hektar di pusat kota Moskow itu. Mereka menyaksikan pertunjukan seni yang digelar sebelum seremoni pembukaan featival digelar.

Pertama adalah pertunjukan gamelan yang dilakukan oleh perempuan di Kota Moskow. Gadis-gadis cantik ini juga piawai nyinden atau menyanyikan tembang Jawa.

Dilanjutkan dengan tari gambyong yang dibawakan oleh penari asal Rusia. Penari tersebut menari dengan lemah gemulai, lagi-lagi mendapatkan tepuk tangan meriah dari pengunjung.Tari topeng dari Malang menyemarakkan pertunjukan selanjutnya.


Menutup acara seremoni pembukaan festival Indonesia di Moskow, belasan anak muda asal Boyolali membawakan tarian topeng ireng yang benar-benar menarik minat warga Moskow.

Setelah acara seremoni, Dubes RI untuk Rusia dan Belarusia Wahid Supriyadi mengunjungi stand festival yang ditempati pengusaha dari Indonesia.

Ada pengusaha yang menawarkan kerajinan dan cinderamata dari berbagai daerah di Indonesia, ada yang menawarkan batik, ada pula yang menawarkan aneka produk pangan khas Indonesia seperti cokelat, kopi, dan lainnya. Yang cukup ramai dikunjungi adalah stand pernak pernik dan batik. 


Ada juga sejumlah stand yang menawarkan kursus singkat membatik, ada yang menawarkan kursus singkat bahasa Indonesia. Ada pula yang menawarkan makanan khas Indonesia, sate. Nah stand yang dibuat oleh KBRI Moskow ini luar biasa kebanjiran pembeli.

Selain stand pengusaha Indonesia, ada juga stand yang diisi oleh pengusaha Rusia yang sudah membeli barang dari Indonesia yang dijual kembali di Rusia.

Semakin sore pengunjung di Hermitage Garden semakin membeludak. Bahkan benerapa stand seperti pertunjukan wayang juga penuh sesak. Sementara pengunjung juga tertarik melihat peragaan pakaian pengantin dari seluruh provinsi di Indonesia. Mereka juga berfoto dengan pasangan pengantin yang mengenakan pakaian khas sejumlah provinsi


Pengunjung tak kalah ramai mengunjungi gerai-gerai makanan khas Indonesia yang menyajikan sate, nasi padang, dan lainnya. Gerai yang dibuka oleh pemerintah daerah seperti Malang dan Bali pun ramai dipenuhi pengunjung. Memang pariwisata juga salah satu yang dikampanyekan dalam festival kali ini.

Simak kelanjutan cerita menarik dari festival Indonesia pertama di Moskow selanjutnya hanya di detikcom.


Sumber : http://news.detik.com

Berlangganan Berita Terbaru:

0 Response to "Festival Indonesia Dibuka, Ratusan Warga Rusia Penuhi Hermitage Garden"

Post a Comment

Sumber Lain