Ada Kuliah Internasional dengan Biaya Lokal, di Mana?


Jakarta - Mendapat pendidikan berkualitas hingga keluar negeri memang impian setiap pelajar. Namun terkadang impian itu bisa terhalang beberapa faktor, salah satunya biaya.

Biaya yang mahal itu biasanya berbanding lurus dengan kualitas pendidikan yang diterima. Misalnya saja biaya kuliah di Amerika Serikat dikenal mahal karena mereka memiliki sistem pendidikan yang bagus dan diyakini sebagai salah satu yang terbaik di dunia.

Sistem pendidikan yang saat ini tengah diterapkan di Amerika adalah sistem berbasis Science Technology Engineering Arts and Math (STEAM). Keunggulan sistem STEAM mendukung siswa dalam berpikir kritis, mengasah keterampilan berkomunikasi, mendorong daya analisa, mampu memecahkan masalah dan student oriented.

Dengan sistem ini membuat para lulusan sekolah di Amerika mampu mengembangkan kemampuan kognitif melalui ilmu aplikatif dan daya kreatifitas tanpa meninggalkan pentingnya kecerdasan sosial. Menurut National Science Foundation, 80% pekerjaan di masa depan membutuhkan keterampilan STEAM.

Para lulusan yang memiliki keterampilan STEAM, berkesempatan menikmati gaji lebih tinggi, daya saing tinggi di dunia kerja, serta fleksibilitas dalam pemilihan karir.

Sampoerna University menerapkan sistem STEAM yang sudah terakreditasi oleh badan pendidikan internasional. Sistem pendidikan di Sampoerna University dapat membantu siswa meraih gelar sarjana dari Amerika Serikat lebih cepat dan hemat biaya dibandingkan jalur biasa.

Melalui kerja sama dengan mitra di Amerika, Sampoerna University di Jakarta terakreditasi oleh Southern Association of Colleges and Schools (SACS). Hal ini berarti, kurikulum dan standar ajar di Sampoerna University harus sesuai dengan standar pendidikan di Amerika. Dengan terakreditasi SACS juga memungkinkan seluruh kredit yang didapat di Indonesia dapat secara langsung dan mudah dipindahkan ke banyak universitas kelas dunia di AS.

Setiap mahasiswa Sampoerna University memiliki kesempatan untuk mendapat tiga gelar dalam masa studi empat tahun. Mahasiswa Sampoerna University juga dapat mendaftar ke lebih dari 1.000 universitas di Amerika Serikat. Namun jika ingin melanjutkan studi di Jakarta pun tidak masalah.

"Mata pelajaran yang diambil itu berlaku sama dengan universitas lain di dunia, sudah terakreditasi dan dosen-dosennya punya akreditasi untuk mengajar. Kalau mau ke universitas di luar negeri itu biasanya di kampus lain itu ngulang dari awal, tapi di sini bisa transfer langsung bisa," kata Wakil Dekan dan Pengajar Sampoerna University Erna Maria Lokollo, Ph.D saat berbincang dengan detikcom.

Mahasiswa akan tetap mendapat pendidikan dengan standar seperti di Amerika Serikat karena Sampoerna University telah bekerja sama dengan Louisiana State University dalam program teknik. Jadi mahasiswa Sampoerna University jurusan teknik akan mendapat gelar profesi keinsinyuran yang terakreditasi secara internasional dari Louisiana State University.

Bagi yang tertarik dengan ilmu bisnis, Sampoerna University juga berkolaborasi dengan Oregon State University, yang akan memberikan gelar untuk program-program tertentu.

"Dengan biaya sama, dari pada menyekolahkan anak di Amerika, itu lebih mahal. Di sini kamu bisa membayar lebih rendah dari dan dapat ijazahnya sama kayak lulusan sana," ujar Erna.

Selain itu Bahasa Inggris digunakan sebagai bahasa pengantar proses belajar mengajar sehari-hari di sini. Care belajar mengajarnya juga tidak hanya di dalam kelas tetapi juga online.

"Mahasiswa bisa bertanya kapan saja kepada dosen melalui media internet dan dosen itu harus menjawab," ucap Erna.

Menurut Erna Sampoerna University menerapkan pendidikan holistik abad 21 dan mengimplementasikan kurikulum standar Pendidikan Nasional dan Kurikulum Internasional sehingga secara konsisten menghasilkan murid-murid berprestasi di tingkat internasional.

Sumber : http://news.detik.com/

Berlangganan Berita Terbaru:

0 Response to "Ada Kuliah Internasional dengan Biaya Lokal, di Mana?"

Post a Comment

Sumber Lain