Aktivitas Gunung Sinabung meningkat, 9.319 warga mengungsi


Sinabung - Aktivitas Gunung Sinabung di Kabupaten Karo Provinsi Sumatera Utara masih sangat tinggi, status Awas (level IV). Berpotensi terjadi letusan disertai luncuran awan panas dan hujan abu.

Data seismik pada Rabu (13/7) pagi hingga siang terjadi 18 kali guguran, dan indikator lain yang menunjukkan aktivitas vulkanik tinggi. Hingga saat ini masih ada 9.319 jiwa (2.592 KK) masyarakat sekitar Gunung Sinabung mengungsi di sembilan pos pengungsian.

"Mengingat aktivitas vulkanik masih tinggi maka disarankan agar masyarakat dan wisatawan tidak melakukan aktivitas di dalam radius 3 km dari puncak," tegas Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB Sutopo Purwo Nugroho, melalui pesan tertulis kepada merdeka.com, Rabu (13/7).

Lanjutnya, warga yang tinggal dalam jarak 7 km untuk sektor selatan-tenggara, dan dalam jarak 6 km untuk sektor tenggara-timur, serta dalam jarak 4 km untuk sektor utaratimur laut Gunung Sinabung agar dievakuasi ke lokasi yang aman.

"Masyarakat yang berada dan bermukim di dekat sungai-sungai yang berhulu di Gunung Sinabung agar tetap waspada terhadap bahaya lahar," pintan

Sumber : http://www.merdeka.com

Berlangganan Berita Terbaru:

0 Response to "Aktivitas Gunung Sinabung meningkat, 9.319 warga mengungsi"

Post a Comment

Sumber Lain