Siapa 6 Menteri NU yang Dimaksud Jokowi?


Jakarta - Pengurus Besar Nadhlatul Ulama (PBNU) dan Presiden Jokowi beda persepsi soal menteri. PBNU merasa tak memiliki perwakilan di Kabinet Kerja. Sedangkan Presiden Jokowi menyebut ada 6 menteri asal NU. Siapa saja?

Asal mula munculnya isu menteri asal NU ini dilontarkan oleh Presiden Jokowi saat menyampaikan sambutan di acara Haul Taufiq Kiemas di Teuku Umar, Menteng, Jakarta, Rabu (8/6) lalu. Jokowi mengungkap ada pertanyaan soal jumlah menteri NU di kabinet.

"Saya mau klarifikasi mengenai menteri NU. Tadi diam-diam saya hitung ada 6. Jadi NU ada," kata Jokowi saat itu.

Namun siapa saja 6 sosok menteri itu tak diungkap gamblang oleh Presiden Jokowi. PBNU malah merasa tak ada menteri dari NU.

Ketua PBNU Marsudi Syuhud menyebut 4 menteri dari PKB tak mewakili NU. Padahal PKB selama ini parpol yang identik dengan NU. 4 Menteri yang diambil Jokowi atas sodoran PKB adalah Menaker Hanif Dhakiri, Menpora Imam Nahrawi, Mendes Marwan Jafar, dan Menristek Dikti M Nasir.

Mensos Khofifah Indar Parawansa juga disebut Marsudi tak mewakili NU. Padahal, Khofifah adalah Ketua Muslimat NU.

"Yang 4 itu PKB. Khofifah itu timses. Dari PBNU tidak ada," kata Marsudi di Gedung DPR, Senayan, Jakarta Pusat, Kamis (9/6/2016).

Bisa jadi, 4 menteri dari PKB dan Mensos adalah lima sosok menteri asal NU yang disebut Jokowi. Siapa satu menteri lagi? Bisa jadi Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin. Lukman memang menteri yang diambil dari PPP, namun dia memiliki karir organisasi panjang di NU.

Sumber : https://news.detik.com

  AV> 


Berlangganan Berita Terbaru:

0 Response to "Siapa 6 Menteri NU yang Dimaksud Jokowi?"

Post a Comment

Sumber Lain