Mempertanyakan Penyelamatan Penalti Subasic


Jakarta - Danijel Subasic jadi pahlawan Kroasia atas penyelamatan penaltinya. Tapi aksi Subasic menghalau eksekusi Sergio Ramos jadi kontroversi karena dia menyalahi aturan.

Berkat 'bocoran' yang diberikan Luca Modric dari pinggir lapangan, Subasic berhasil menghalau eksekusi penalti Ramos di menit 73. Momen itu kemudian jadi titik balik Krosia, setelah tertinggal lebih dulu mereka akhirnya bisa mengalahkan Spanyol dengan 2-1.

Subasic dianggap sebagai pahlawan Kroasia atas penyelamatannya itu, bersama Nikola Kalinic yang mencetak gol penyama dan Ivan Perisic sebagai penentu kemenangan. Tapi aksi heroik Subasic menghalau penalti menjadi kontroversi.

Dalam tayangan ulang terlihat jelas kalau kiper 31 tahun itu menyalahi aturan penalti. Subasic, seperti diklaim AS, maju sekitar dua meter sebelum bola ditendang oleh Ramos.

Laws of The Game FIFA menyatakan kalau kiper 'harus berada di garis gawang, menghadapi penendang, di antara dua tiang gawang sampai bola ditendang'.

Kontroversi atas penyelamatan Subasic bukan itu saja. Beberapa pemain Kroasia juga terlihat sudah berlari masuk lapangan sebelum bola ditendang. Ini juga menyalahi Laws of The Game.

Malang buat Spanyol, wasit Bjorn Kuipers tidak menganggap telah terjadi pelanggaran dalam momen itu. Pun begitu dengan hakim garis yang berdiri di samping gawang. Alhasil penalti Ramos tak diulang.

Pemain-pemain Spanyol sempat memprotes kejadian tersebut. Termasuk Iker Casillas di pinggir lapangan. Namun itu tak memengaruhi keputusan wasit. 

Sumber : http://sport.detik.com

Berlangganan Berita Terbaru:

0 Response to "Mempertanyakan Penyelamatan Penalti Subasic"

Post a Comment

Sumber Lain