Keluarga pastikan tujuh ABK Tugboat Charles disandera Abu Sayyaf

Filipina - Tujuh dari 13 anak buah kapal (ABK) dikabarkan disandera kelompok Abu Sayyaf perairan Filipina. Sedangkan para ABK lainnya kini tengah dalam pelayaran menuju perairan menggunakan Tugboat Charles 00.

Informasi itu diperoleh Dian Megawati Ahmad (33), istri Ismail, salah seorang ABK yang disandera Abu Sayyaf. Dian mengaku mendapat kabar itu dari Rudi, ABK yang dilepas kelompok Abu Sayyaf, melalui istrinya bernama Siti.

Kapal Tugboat Charles 00 kini tengah menuju ke perairan Berau, Kalimantan Timur. Kabar itu diterima Dian sekitar pukul 01.30 WITA tadi.

"Rudi menelepon ke istrinya, membenarkan tujuh orang memang ditahan. Kabarnya sebentar karena istrinya juga lagi ditelepon oleh wartawan juga," kata Dian kepada merdeka.com, Kamis (23/6) dini hari.
"Crew kapal (Rudi) ini bisa menghubungi karena dia sempat menyembunyikan Pak. Karena handphone mereka disita semua," tambahnya.

Dian menyebutkan, Rudi sempat bercerita kepada istrinya, dua perahu militan Abu Sayyaf mendatangi Tugboat Charles 00 bergantian. Perahu pertama, mengangkut tiga orang ABK. Menyusul perahu berikutnya, membawa empat orang ABK dan para penyandera dari Abu Sayyaf membawa senjata.
Sedangkan Tugboat Charles 00 diminta kembali dan mengabarkan kepada pemerintah Indonesia bahwa warganya disandera.

"Semua ada tujuh orang. Saya juga sudah kabarkan ini ke Kanit di Polsek Kawasan Pelabuhan," ungkap Dian, sambil sesenggukan di tengah pembicaraan bersama merdeka.com.

Rudi, lanjut Dian, sempat mengabarkan posisi terakhirnya tengah berlayar menuju Kabupaten Berau, Kalimantan Timur. "Mereka sudah masuk perairan Berau," tambah Dian.

Diketahui, 13 ABK tugboat PT Rusianto Bersaudara, dikabarkan disandera militan Abu Sayyaf di perairan Filipina, dalam perjalanan pulang ke Samarinda. Disebut penyandera meminta tebusan 20 juta Ringgit Malaysia.

Namun demikian, Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmantyo menyatakan, kabar tersebut tidak benar. Pernyataan Gatot, membuat kecewa istri para ABK, yang sampai pagi ini terus menunggu keberadaan suami mereka.

Sumber : http://www.merdeka.com

Berlangganan Berita Terbaru:

0 Response to "Keluarga pastikan tujuh ABK Tugboat Charles disandera Abu Sayyaf"

Post a Comment

Sumber Lain