Ini Tahapan Peluncuran BRIsat Hingga Menuju Orbit 150.5 BT


Jakarta -Satelit komunikasi milik BRI akan segera meluncur dini hari nanti. Sembari bersiap menanti momen-momen bersejarah ini, ada baiknya Anda mengetahui bagaimana tahapan peluncuran BRIsat. Mulai dari produksinya hingga nanti mengorbit di 150.5 bujur timur khatulistiwa.

Satelit BRIsat dirakit di pabrik Space Systems Loral (SSL) yang berada di Palo Alto – California, Amerika Serikat. BRIsat dibuat menggunakan platform 1300 yang kuat, fleksibel dan dilengkapi berbagai teknologi canggih. Bus satelit SSL 1300 ini memiliki diameter 122 inci dan berat 1.872 kg (tanpa bahan bakar).

Pada posisi on-station (solar panel dan reflektor terbuka), panjangnya dari ujung ke ujung adalah 24 meter. BRIsat menggunakan bahan bakar cair bi-propellant berkapasitas 1.025 liter dan bahan bakar elektrik Xenon kapasitas 82 liter. Total berat BRIsat dengan bahan bakar adalah 3.540 kg.

Setelah selesai dirakit selama 25 bulan, BRIsat dikirim dengan pesawat Antonov menuju lokasi peluncuran CNES di Kourou – Guyana Prancis. Sementara itu, peluncur Ariane 5 dikirim menggunakan kapal laut dari Prancis ke lokasi peluncuran.

Roket peluncur dari Arianespace ini akan membawa dua satelit di mana salah satunya adalah BRIsat. Satelit pertama akan dilepaskan terlebih dulu dari posisi atas, kemudian barulah BRIsat dilepaskan dari posisi bawah. Setelah itu BRIsat akan memulai perjalanan menuju orbit atau orbit raising.
Waktu yang dibutuhkan untuk mencapai orbit 150.5 BT di ketinggian 36.000 kilometer di atas permukaan bumi membutuhkan waktu paling lama 10 hari. Setelah itu akan dilaksanakan berbagai uji coba operasional. Hand over dari pihak SSL ke BRI akan dilakukan jika telah memenuhi beberapa syarat seperti:

- satelit sudah pada tempatnya
- satelit bisa berkomunikasi dengan pusat kendali
- satelit telah berfungsi sebagai jaringan komunikasi
- tim BRI dan seluruh infrastruktur telah siap mengoperasikan satelit

BRIsat memang akan dioperasikan sendiri oleh BRI. Pusat pengendalian BRIsat / Primary Satellite Control Facility ada di Ragunan – Jakarta Selatan. Untuk backup, BRI punya Back-up Satellite Control Facility di Tabanan – Bali. Semuanya dilengkapi fasilitas full redundancy untuk memastikan keamanan dan kualitas layanan.

BRIsat akan diluncurkan dari Kourou, Guyana Prancis pada Kamis, 16 Juni pukul 17.30 – 18.15 waktu setempat atau Jumat, 17 Juni pukul 03.30 – 04.15 WIB. Anda bisa menyaksikan momen peluncuran BRIsat secara langsung DI SINI.Bagi yang kelewatan siaran langsungnya, tidak perlu khawatir. Anda juga masih bisa melihat siaran ulangnya di tautan yang sama

Sumber : http://news.detik.com

Berlangganan Berita Terbaru:

0 Response to "Ini Tahapan Peluncuran BRIsat Hingga Menuju Orbit 150.5 BT"

Post a Comment

Sumber Lain