Ini Jurus Pemkot Bandung Halau Pengemis Saat Jelang Lebaran


Bandung - Pemerintah Kota Bandung mengklaim adanya penurunan jumlah Penyandang Masalah Kesejahteraan Sosial (PMKS) menjelang lebaran Idul Fitri 2016. Padahal di tahun-tahun sebelumnya selalu mengalami peningkatan. Jurus apa yang diterapkan untuk menertibkan PMKS seperti gelandangan dan pengemis?

Kepala Dinas Sosial (Kadinsos) Kota Bandung Aji Sugiyat mengaku memiliki strategi untuk menghalau keberadaan PMKS di sejumlah ruas jalan. Antara lain dengan menempatkan petugas rompi merah di titik-titik rawan PMKS berkeliaran.

Selain itu, sambung dia, penjangkauan terhadap PMKS juga lebih diintensifkan sejak menjelang puasa dan lebaran Idul Fitri. Sehingga, kata dia, penyakit masyarakat (pekat) ini tidak memiliki celah beroperasi di jalanan.

"Kita biasanya cuma satu atau dua kali razia. Sekarang bisa tiga hingga empat kali dalam seminggu. Jadi mereka tidak ada ruang gerak karena kita tutup celah-celahnya," kata Aji saat dihubungi melalui saluran telepon, Selasa (21/6/2016).

Upaya lainnya mencegah keberadaan para pengemis di jalanan, ujar dia, pihaknya bekerja sama dengan unsur kewilayahan untuk melakukan pengawasan. Pasalnya tak jarang mereka bersembunyi atau tinggal di kawasan tertentu saat penertiban berlangsung.

"Sering kalau ada petugas lewat lari masuk ke gang, di rumah-rumah itu mereka ngumpet. Makanya saya koordinasi ke kewilayahan agar mengawasi PMKS di tempatnya masing-masing," tutur Aji.

Menurutnya dengan pola penertiban tersebut bisa menekan jumlah PMKS yang kerap meningkat tiap tahunnya. Sehingga membuat masyarakat Kota Bandung tidak terganggu dengan keberadaan mereka.

"Sekarang di perempatan atau pusat keramaian hampir tidak ada. Kalau pun ada cuma satu atau dua orang (pengemis), itu juga kucing-kucingan," kata Aji.

Sumber : http://news.detik.com


Berlangganan Berita Terbaru:

0 Response to "Ini Jurus Pemkot Bandung Halau Pengemis Saat Jelang Lebaran"

Post a Comment

Sumber Lain