Dihukum, Pelaku Pembunuhan Massal Terhadap Muslim di India


Pengadilan di Gujarat, India, memutuskan bersalah 24 orang yang terlibat dalam pembunuhan massal terhadap 96 orang Muslim di Gujarat pada tahun 2002.

Pengadilan khusus ini membebaskan 36 terdakwa lainnya dalam pembunuhan yang dikenal dengan nama pembunuhan Masyarakat Gulbarg di kota Ahmedabad.

Segerombolan orang menyerbu, menyerang dengan senjata tajam lalu membakar 96 orang di sebuah kompleks di sana.

Kerusuhan ini merupakan yang terburuk sejak kemerdekaan India, sesudah sebuah kereta terbakar dan menewaskan 1.000 orang di dalamnya.

Kaum Muslim disalahkan akibat kebakaran itu, dan orang-orang Hindu melakukan balas dendam di perkampungan Muslim di seluruh Gujarat dalam kerusuhan yang berlangsung selama tiga hari.
Banyak kritik terhadap Perdana Menteri Narendra Modi, ketika itu menjabat pemerintah negara bagian itu, yang dianggap tak cukup bertindak menghentikan kekerasan yang terjadi.

Kompleks perumahan Gulbarg yang ditinggali kaum Muslim merupakan salah satu sasaran penyerbuan, dan rumah-rumah di sana dibakar.

Pada pengadilan hari Kamis (02/06) 11 orang dinyatakan bersalah kasus pembunuhan dan sisanya dianggap terlibat dan dihukum lebih ringan.

Di antara orang yang dihukum adalah pemimpin kelompok Hindu Vishwa Hindu Parishad (VHP).

Hukuman untuk mereka dijadwalkan akan ditetapkan hari Senin 6 Juni pekan depan.

Sumber: http://www.bbc.com

Berlangganan Berita Terbaru:

0 Response to "Dihukum, Pelaku Pembunuhan Massal Terhadap Muslim di India"

Post a Comment

Sumber Lain