China Bakal Berlakukan Zona Identifikasi Udara di LCS


BEIJING - China bersiap untuk memberlakukan zona identifikasi pertahanan udara (ADIZ) di Laut China Selatan (LCS) jika Amerika Serikat (AS) terus melakukan aksi provokatif di wilayah sengketa itu.

Pada bulan Mei, Beijing menyatakan ketidakpuasannya dengan kapal perang AS yang berlayar di dekat perairan kepulauan Spratlty yang disengketakan di LCS.

"Jika militer AS terus membuat langkah provokatif untuk menantang kedaulatan China di wilayah tersebut, hal itu akan memberikan kesempatan yang baik bagi Beijing untuk mendeklarasikan ADIZ di LCS," ucap sebuah sumber di Tentara Pembebasan Rakyat seperti dikutip Sputnik dari koran South China, Rabu (1/6/2016).

China menyatakan, bahwa memasang zona identifikasi pertahanan udara adalah haknya sebagai negara yang berdaulat. "Mengenai kapan pendeklarasian zona tersebut, itu tergantung pada apakah China menghadapi ancaman keamanan dari udara dan tingkatan ancaman tersebut," begitu pernyataan Kementerian Pertahanan China saat dikonfirmasi.

China sebelumnya telah menerapkan zona identifikasi di Laut China Timur, wilayah lain yang disengketakan dengan negara-negara Asia timur, pada tahun 2013. Pemberlakuan zona identifikasi memaksa pesawat yang melewati daerah itu untuk mengungkapkan rute mereka.


Sumber: http://international.sindonews.com



Berlangganan Berita Terbaru:

0 Response to "China Bakal Berlakukan Zona Identifikasi Udara di LCS"

Post a Comment

Sumber Lain