Australia imbau turisnya hindari Indonesia akibat virus zika

Jakarta - Virus Zika yang ditularkan lewat nyamuk menurut pemerintah Australia menjangkau Bali secara sporadis. Para wisatawan Australia diimbau agar berhati-hati saat melakukan perjalanan ke Pulau Dewata.
Imbauan perjalanan ini didasarkan pada temuan bahwa Virus Zika dapat mengakibatkan pelbagai kelainan terhadap janin.

"Ibu hamil wajib mendiskusikan setiap rencana perjalanan mereka kepada dokter dan mempertimbangkan untuk menunda sementara perjalanan mereka ke Indonesia," demikian pernyataan peringatan Kementerian Luar Negeri Australia, dikutip koran Daily Mail, Selasa (21/6).

Menutur otoritas Australia, mereka yang terjangkit Virus Zika diketahui jarang memperlihatkan gejala-gejala khusus. Hanya satu dari lima pasien yang biasanya lemas sehingga harus dirawat di RS.
Inkubasi virus biasanya membutuhkan waktu beberapa hari. Di beberapa kasus, infeksi Virus Zika menimbulkan beberapa gejala seperti demam, timbulnya ruam di kulit, sakit kepala, rasa nyeti dan sakit pada otot serta tulang.

Sumber Kementerian Kesehatan Australia menyebut 49 negara sudah terjangkit Virus Zika, dengan 15 negara termasuk Indonesia ada dalam daftar berjangkit secara tidak merata (sporadis).

Masuknya virus Zika ke Indonesia sudah dikonfirmasi Lembaga Biologi Molekuler Eijkman sejak tahun lalu. Lembaga itu sempat memeriksa demam berdarah di Jambi para periode Desember 2014-April 2015.

Ternyata ada pasien yang darahnya positif terjangkit zika. Kemungkinan besar zika sejak lama merupakan virus endemik di Jambi tapi selalu dianggap demam berdarah, akibat sama-sama ditularkan nyamuk aedes aegypti.

Selain kasus di Jambi, virus Zika juga ditemukan pada seorang anak buah kapal asal Jawa Timur pada Januari 2016. Di tengah pelayaran menuju Taiwan, dia menderita penyakit panas yang sempat dikira demam berdarah.

Di Brasil, ratusan bayi terlahir dengan kepala kecil (mikrosefalus) akibat persebaran virus Zika. WHO menyatakan virus zika merupakan endemi global yang harus ditangani bersama.

Sumber : http://www.merdeka.com

Berlangganan Berita Terbaru:

0 Response to "Australia imbau turisnya hindari Indonesia akibat virus zika"

Post a Comment

Sumber Lain