Ahok Ancam Cabut KJP The Jak yang Terlibat Kerusuhan


Jakarta - Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama mengancam akan menarik Kartu Jakarta Pintar (KJP) milik pendukung Persija, The Jak, yang terlibat kerusuhan. Peringatan pencabutan KJP ini akan diberikan pada seluruh pelajar terutama yang tergabung dalam pendukung klub sepak bola.

"Kami akan katakan pada mereka jika ikutan yang seperti itu (kericuhan) lagi, KJP-nya akan dicabut," kata Gubernur yang biasa disapa Ahok ini di Balai Kota DKI Jakarta, Senin (27/6).

Menurut Ahok, tak semua anggota The Jak adalah anak-anak dan bersekolah. Karena itu perlu dilakukan penelusuran.



Bagi yang masih bersekolah, Ahok akan meminta sekolah untuk membina dan memberikan pemahamam pada anak didiknya yang tergabung dalam organisasi pendukung klub sepak bola asal ibu kota itu.

"Mereka harus dinasehati jika mau masa depan, harus belajar," kata dia.

Sementara untuk anak-anak yang tak bersekolah, Ahok memerintahkan Dinas Sosial turun tangan. Anak usia sekolah yang tergabung dalam The Jakmania, nantinya akan dititipkan di rumah belajar.

"Lebih baik jam mereka lebih panjang di sekolah, kami bina di sana," ujar Ahok.

Kerusuhan terjadi di Stadon Utama Gelora Bung Karno, Jumat (24/6) malam lalu. Kerusuhan pecah di tengah laga antara Persija Jakarta melawan Sriwijaya FC. Akibat kerusuhan, pertandingan dihentikan pada menit ke-81.

Ketua Umum The Jakmania Richard Ahmad menyatakan, kerusuhan di luar kendalinya. Richard mengklaim sudah melakukan segala prosedur yang ditetapkan. "Kami sudah melakukan koordinasi ke semua pihak terkait dan pemeriksaan kartu anggota Persija. Tapi ini (kerusuhan) tak bisa dihindari lagi," katanya. Akibat kerusuhan 155 anggota Jakmania diamankan polisi.

Dalam kerusuhan juga terjadi penganiayaan pada anggota polisi. Lima polisi jadi korban, salah satunya dalam kondisi kritis di rumah sakit.

Insiden berlanjut sehari dua hari setelahnya. Kemarin toko khusus suvenir The Jak diserang orang tak dikenal. Tiga orang The Jak terluka akibat serangan ini. Pelaku berjumlah 10 orang mengenakan helm sehingga tak bisa dikenali.

Kemarin polisi juga mengamankan 15 orang anggotanya yang berencana mencari anggota The Jak yang melukai rekannya saat kerusuhan di Gelora Bung Karno.

Sumber : http://www.cnnindonesia.com

Berlangganan Berita Terbaru:

0 Response to "Ahok Ancam Cabut KJP The Jak yang Terlibat Kerusuhan"

Post a Comment

Sumber Lain