5 'Dosa' penyebab harga barang kerap naik saat Ramadan


Direktur Eksekutif Institute for Development Economics and Finance, Enny Sri Hartati merasa aneh dengan kenaikan harga kebutuhan pokok yang selalu terjadi jelang Ramadan dan Lebaran di Indonesia.

Enny menilai, kenaikan harga pangan menjelang Ramadan dan hari-hari besar keagamaan lain hanya terjadi di Indonesia. "Di semua negara ada hari keagamaan juga. Malah di negara lain, setiap mau Natal, ada sale (diskon). Tapi anehnya di Malaysia, Brunei Darussalam, yang mayoritas Muslim tidak mengalami gejolak harga pangan seperti di Indonesia," katanya.

Presiden Jokowi sendiri heran akan fenomena naiknya harga pangan saat Ramadan. Seharusnya, saat Lebaran kecukupan stok pangan lebih meningkat ketimbang hari biasa.

"Saya membayangkan kalau di negara lain kalau Natal justru jor-joran diskon, kita malah terbalik mau Idul Fitri malah semua naik dan saya yakin itu mampu kita lakukan," ujarnya.

Menurutnya, akibat melambungnya harga pangan saat Lebaran hanya akan menambah penderitaan rakyat kecil saja, terutama petani lokal. "Rakyat kecil, petani, buruh tani. Karena 80 persen petani kita konsumen beras, meskipun petani. Mungkin itu yang bisa saya sampaikan," jelas dia.

Untuk itu, dirinya menegaskan harus ada perubahan setiap tahunnya dalam mengendalikan harga kebutuhan pokok. "Tempat lain bisa kenapa kita nggak. Ini malah cepat-cepatan naik. Ini yang harus dilakukan perubahan. Dan saya yakin mampu kita lakukan, asal terkonsep, terlaksana, dan implementasi di lapangan diikuti," ungkapnya.

Presiden Jokowi juga mengatakan kenaikan harga menjelang Idul Fitri masih menjadi kebiasaan yang setiap tahun terjadi. "Harga-harga naik menjelang Idul Fitri. Memang demand juga naik, tapi kalau suplai dikendalikan, digerojok suplai, saya kira tidak terjadi seperti ini," katanya.

Berikut merdeka.com akan merangkum sejumlah 'dosa' yang mengakibatkan kenaikan harga saat Ramadan.

Sumber : http://www.merdeka.com

Berlangganan Berita Terbaru:

0 Response to "5 'Dosa' penyebab harga barang kerap naik saat Ramadan"

Post a Comment

Sumber Lain