Gajah yang Ngamuk Tewaskan Dokter Via Baru 3 Pekan di Obyek Wisata Wonogiri


Wonogiri - Panamtu, gajah jantan koleksi Waduk Gajah Mungkur (WGM) Wonogiri, tiba-tiba mengamuk saat sedang dilatih keahlian tertentu oleh pawangnya. Gajah itu menyerang dokter hewan yang selama ini merawatnya hingga tewas. Gajah yang baru tiga pekan menghuni Gajah Mungkur tersebut sebelumnya juga pernah berulah hingga mencederai pawangnya.

Sebagai upaya menarik wisatawan, WGM memiliki sejumlah koleksi hewan secara legal karena telah memiliki izin konservasi. Di antara koleksi itu adalah sepasang gajah jantan dan betina bernama Panamtu dan Sari, yang didatangkan dari Kebun Binatang Guci, Tegal, pada April lalu. Belum genap tiga pekan, gajah tersebut membuat ulah hingga menewaskan dokter yang merawatnya.

Dari catatan yang dimiliki Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA), ketika masih di Guci, Panamtu juga pernah berulah hingga mencederai pawangnya. Karena itulah, kejadian kali ini akan menjadi catatan penting bagi BKSDA untuk membuat evaluasi ke depan.

"Gajah Panamtu ini memang baru di sini. Sebelumnya dari Guci. Tapi semenjak kecil sebenarnya merupakan gajah jinak yang dipelihara di Way Kambas, Lampung," kata Kepala Seksi Konservasi Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Wilayah I Jateng, Titi Sudaryanti, Rabu (11/5/2016).

"Kami akan mempelajari untuk melakukan evaluasi," tambahnya.

Dokter Via tewas setelah diamuk gajah Panamtu pada Rabu pagi. Dia sempat dibawa ke rumah sakit, tapi nyawanya tidak tertolong.

Sumber: http://news.detik.com



Berlangganan Berita Terbaru:

0 Response to "Gajah yang Ngamuk Tewaskan Dokter Via Baru 3 Pekan di Obyek Wisata Wonogiri"

Post a Comment

Sumber Lain