Australia Dilanda Kebakaran Hutan Saat Natal, 53 Rumah Hangus



Melbourne - Wilayah Australia bagian selatan dilanda kebakaran hutan saat warganya tengah sibuk merayakan perayaan Natal. Sedikitnya 53 rumah hancur akibat kebakaran itu.

Seperti dilansir AFP, Sabtu (26/12/2015), kebakaran ini memicu evakuasi warga di dua kota di Melbourne yang terkenal banyak didatangi para wisatawan yang tengah berlibur, yakni Wye River dan Separation Creek, pada Jumat (25/12) waktu setempat.

"Saya bisa memastikan bahwa 35 rumah hangus di Wye Rivers, sedangkan 18 rumah hangus di Separation Creek," ujar Gubernur Negara Bagian Victoria, Daniel Andrews dalam konferensi pers.

Andrews mengakui hal yang sedikit melegakan ialah sejauh ini belum ada korban jiwa akibat kebakaran ini. Pada tahun 2009 lalu, wilayah Victoria juga dilanda kebakaran hutan hingga merenggut 173 orang.

"Kita bisa membangun kembali rumah-rumah, tentu saja. Tapi apa yang terjadi bisa lebih buruk dari itu," sebutnya.

Ratusan petugas pemadam kebakaran berjibaku memadamkan api. Mereka akhirnya terbantu dengan adanya hujan yang turun pada Jumat (25/12) malam waktu setempat. Namun angin kencang memicu kekhawatiran karena bisa semakin memperluas kebakaran.

 Kebakaran hutan di wilayah Victoria ini berawal ketika petir menyambar kota pelabuhan Lorne pada 19 Desember lalu, namun api semakin membesar pada Jumat (25/12) karena cuaca panas yang menyelimuti wilayah tersebut. Ditambah adanya angin kencang yang semakin memperluas kebakaran.

Komisioner Badan Penanggulangan Darurat Victoria, Craig Lapsley mengapresiasi publik yang segere mematuhi perintah evakuasi yang dirilis saat jam makan siang pada Hari Natal, 25 Desember, demi menghindari jatuhnya korban jiwa.

"Mereka menjauhi api yang sangat berpotensi menjadi pembunuh," ucap Lapsley dalam konferensi pers yang sama dengan Andrews.

Namun Lapsley memperingatkan bahwa kebakaran masih mungkin membesar kembali pekan depan. Apalagi, lanjutnya, cuaca panas diprediksi masih menyelimuti Australia pada malam Tahun Baru dan hingga Tahun Baru mendatang.

Sumber :www.detik.com

Berlangganan Berita Terbaru:

0 Response to "Australia Dilanda Kebakaran Hutan Saat Natal, 53 Rumah Hangus"

Post a Comment

Sumber Lain