Skenario 'Prison Break' Anwar: Berjilbab di Tengah Keramaian Lebaran


Jakarta - Anwar alias Rizal kabur dari Rutan Salemba, pada Kamis (7/7) lalu. Dia memakai jilbab dan menyamar sebagai wanita, sekaligus memanfaatkan kelengahan petugas di tengah padatnya kunjungan saat Lebaran.

Sudah banyak kisah kaburnya napi dari penjara di Indonesia. Berbeda dengan cerita-cerita di luar negeri, atau yang dikisahkan dalam film seri 'Prison Break', kaburnya napi di Indonesia menggunakan teknik-teknik tertentu. Bukan menggali terowongan bawah tanah seperti napi gembong narkoba Meksiko Joaquin Guzman alias El Chapo di penjara Altiplano, namun ada yang memakai cara mengelabui petugas, melompat tembok, sampai yang terbaru menyamar sebagai wanita.

Anwar, napi yang dihukum seumur hidup karena membunuh dan memperkosa keponakannya sendiri, kabur setelah bekerja sama dengan sang istri, Ade Irma Suryani. Menurut Kepala Rutan Salemba Satrio Waluyo, kunjungan istri Anwar pada hari Kamis tersebut adalah kunjungan kedua. Sebelumnya pada hari pertama Lebaran, Rabu (6/7) istrinya sudah mengunjungi suaminya. Prediksi Satrio pada kunjungan pertama tersebutlah istri Anwar membaca situasi pengamanan di rutan untuk selanjutnya mengatur rencana melarikan suaminya.


Jadi istrinya itu dua kali mengunjungi suaminya. Yang pertama itu hari pertama Lebaran. Nah mungkin saat itu mereka sudah merencanakan untuk kabur. Di Lebaran hari kedua baru rencana tersebut terlaksana," kata Satrio saat ditemui di kantornya, Senin (11/7/2016).

Satrio mengakui bahwa pihaknya kekurangan petugas jaga saat hari Lebaran walaupun seluruh Rutan Salemba sudah diawasi oleh CCTV. Hanya ada 75 petugas yang berjaga saat itu. Sedangkan napi yang mendapat kunjungan ada 800 napi dan pengunjung yang datang mencapai 3.800 orang.

"Jadi memang Lebaran kedua itu puncaknya kunjungan. Ada 3.800 orang yang berkunjung. Di hari Lebaran pertama ada sekitar 3.700 orang yang datang. Sedangkan petugas yang berjaga hanya 75 orang," ujarnya. 

Anwar alias Rizal, napi kasus pembunuhan siswi MTs di Jasinga, Bogor, kabur dari Rutan Salemba, Jakarta Pusat. Anwar kabur dengan menyamar sebagai perempuan, menggunakan jilbab yang dikirim oleh istrinya, Ade Irma.

Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Awi Setiyono mengatakan, Anwar kabur dari Blok P Rutan Salemba, pada hari Kamis (7/7). Saat ini Anwar masih dalam pencarian.

Sumber : http://news.detik.com

Berlangganan Berita Terbaru:

0 Response to "Skenario 'Prison Break' Anwar: Berjilbab di Tengah Keramaian Lebaran"

Post a Comment

Sumber Lain