Saat Berolahraga, Ini 4 Tanda Darurat Anda Kurang Minum dan Dehidrasi


Jakarta, Jangan lupa untuk selalu memenuhi kebutuhan air minum Anda, termasuk saat sedang berolahraga. Sebab saat berolahraga biasanya tubuh akan mengeluarkan cairan dalam bentuk keringat, sehingga Anda perlu 'mengisinya' kembali.

"Tak sedikit mereka yang mengalami dehidrasi ringan saat olahraga. Padahal dehidrasi sedang maupun berat lama-lama dapat merusak kesehatan, terutama fungsi ginjal," ujar Rob Pickels, dari CU Sports Medicine and Performance Center di Boulder, Colorado, seperti dikutip dari Men's Health, Senin (30/5/2016).

Menurut Pickels, berikut 4 tanda darurat Anda harus segera minum, saat Anda sedang berolahraga:

1. Denyut jantung mendadak cepat
Ya, denyut jantung yang mendadak menjadi lebih cepat bisa menjadi tanda dehidrasi. Pickles menuturkan, denyut jantung ini biasanya akan naik konstan terus-menerus terutama jika Anda latihan di luar ruangan.

2. Pusing
Sedang berolahraga dan tiba-tiba terasa pusing saat berdiri? Bisa jadi Anda kurang minum. Kondisi yang disebut sebagai hipotensi postural ini umumnya adalah karena aliran darah Anda tidak mencapai kepala dengan cukup cepat ketika Anda mengubah posisi. "Intinya ini karena volume darah yang rendah. Jika Anda mengalaminya, ini bisa menjadi tanda dehidrasi," pungkas Pickles.

3. Kulit 'kendur'
Yakni ketika Anda mencoba mencubit kulit di punggung tangan, namun bekas cubitan tersebut tidak dengan cepat kembali normal. Menurut Pickles, ini tandanya Anda membutuhkan lebih banyak cairan. "Dengan hidrasi normal, kulit yang dicubit seharusnya bisa kembali normal dengan cepat," imbuhnya.

4. Urine berbau menyengat
Saat olahraga kemudian Anda buang air kecil, coba perhatikan bau dari urine Anda. Pickles menuturkan bahwa urine yang berbau kuat dan menyengat juga bisa menjadi tanda dehidrasi. Ini karena saat tubuh dalam kondisi dehidrasi, maka produksi urine akan menurun secara drastis dan menjadi lebih pekat.

Sumber : http://health.detik.com

Berlangganan Berita Terbaru:

0 Response to "Saat Berolahraga, Ini 4 Tanda Darurat Anda Kurang Minum dan Dehidrasi"

Post a Comment

Sumber Lain