Ini Manfaat Minum banyak Air Putih


Jakarta, Hanya dengan minum air saja, Anda bisa mendapatkan manfaat 'ajaib'. Misalnya saja bisa menghilangkan rasa lapar dan mencegah obesitas.

Sebuah studi yang melibatkan hampir 10 ribu orang berusia 18 hingga 64 tahun mengungkap dengan minum air dan makan sayur dan buah yang mengandung air, maka berat badan bisa dikontrol. Terutama jika yang bersangkutan memiliki masalah kelebihan berat badan maupun overweight. Demikian dikutip dari CNN, Rabu (13/7/2016).

"Menjaga tetap terhidrasi itu baik bagi Anda. Penelitian kami juga menunjukkan hal itu bisa dikaitkan dengan upaya mempertahankan berat badan yang sehat," ujar pemimpin studi dari University of Michigan Medical School, dr Tammy Chang.

dr Chang menambahkan jumlah air yang dibutuhkan seseorang untuk tetap terhidrasi sebenarnya tergantung banyak hal. Misalnya saja ukuran tubuh, tingkat aktivitas dan iklim. "Penata taman di Arizona dengan resepsionis di Michigan, jumlah air yang dibutuhkan untuk tetap terhidrasi tentu secara drastis berbeda," sambungnya.

Dengan tetap terhidrasi, keuntungan yang didapat tubuh antara lain jantung memompa darah ke otot dengan lebih efisien. Dikatakan dr Chang, orang yang memiliki perawakan besar membutuhkan air lebih banyak ketimbang yang perawakannya kecil. Disebutkan pula orang yang terhidrasi dengan baik, risiko obesitasnya lebih rendah.

Sementara dehidrasi tidak hanya mengganggu fisik, tapi juga kesehatan mental dan emosional. Bahkan beberapa studi menunjukkan adanya gangguan mood, perhatian dan ingatan akibat dehidrasi. Selain itu juga bisa menyebabkan sakit kepala, konstipasi dan juga masalah ginjal.

Saat tubuh butuh air, ada sinyal yang dikirimkan tubuh, yakni munculnya rasa haus. Saat haus melanda, mulut terasa kering, selain itu bisa jadi kurang waspada. Namun terkadang gejala haus salah dipahami sebagai kelaparan maupun kelelahan.

Warna urine juga bisa dijadikan indikator apakah seseorang terhidrasi dengan baik atau tidak. Jika urine berwarna kuning terang atau hampir sewarna air, maka artinya terhidrasi dengan baik. Sebaliknya jika warna urine kuning gelap atau pekat, tanda tubuh kekurangan air.

dr Chang menganjurkan menghidrasi tubuh dengan air yang tak berasa, bukan minuman yang mengandung zat lain seperti gula ataupun kafein. Bukan berarti tidak boleh minum minuman manis ataupun yang berkafein, tapi tidak dianjurkan diminum dalam jumlah besar.

dr Chang juga menyarankan meningkatkan asupan yang kaya air seperti mentimun, seledri, semangka, brokoli, wortel, plum, apel dan buah persik. Selain kaya nutrisi, buah dan sayur juga membantu meningkatkan hidrasi.

Sumber : http://health.detik.com

Berlangganan Berita Terbaru:

0 Response to "Ini Manfaat Minum banyak Air Putih"

Post a Comment

Sumber Lain