Puluhan Juta Uang Palsu, Senpi dan Narkoba Dimusnahkan Kejari Bandung


Bandung - Barang bukti (barbuk) berupa puluhan juta uang palsu, sejumlah senjata api dan ragam narkoba dimusnahkan Kejaksaan Negeri (Kejari) Bandung. Seluruh barang bukti itu hasil penanganan 674 perkara oleh Kejari Bandung terdiri tindak pidana umum dan khusus selama periode September 2014 hingga Maret 2016.

Kegiatan pemusnahan ribuan barbuk yang kasusnya telah mendapat keputusan hukum tetap di pengadilan ini berlangsung di halaman Kejari Kota Bandung, Jalan Jakarta, Kota Bandung, Rabu (20/7/2016).

Proses pemusnahan diawali dengan pemotongan pucuk senjata oleh Kajati Jabar Setia Untung Arimuladi. Setelah itu pemusnahan miras dan ganja yang dilakukan perwakilan Pemkot Bandung, Kejari, dan Bea dan Cukai.

Menurut Untung, pemusnahan barbuk itu dilakukan agar tidak dimanfaatkan oleh oknum untuk diedarkan kembali. Sehingga, sambung dia, langkah pemusnahan dengan cara membakar dan menghancurkan barang bukti ialah cara paling tepat.



Sebanyak lima pucuk senjata api yang dimusnahkan terdiri satu pucuk senjata api merek North American Arms Corp Spanish, dua pucuk senjata Revolver kaliber 32mm, dua pucuk senjata api rakitan dan 64 buah peluru berbagai kaliber. Barbuk lainnya untuk narkotik yaitu ganja seberat 54 kilogram, sabu dua kilogram, heroin 38,6 gram dan ekstasi 668 butir.

"Untuk psikotrapika sebanyak 4.103 tablet dari berbagai merk seperti Dumolid, Rophinol, Lexotan, Aprazolam, Diazepam, Riknola, Algonax, Nitrazepam," ucap Untung.

Selain itu, petugas juga memusnahkan uang rupiah palsu sebesar 91.550.000 dengan pecahan 50 ribu dan 100 ribu. Termasuk juga lembaran pecahan 100 ribu yang belum jadi. Sejumlah jamu, makanan impor, minuman kemasan, kosmetik, obat-obatan, dan mi basah turut dimusnahkan lantaran melanggar Undang-undang Kesehatan dan Makanan.

"Sementara untuk tindak pidana khusus yang kami musnahkan itu miras import tanpa cukai berbagai merk sebanyak 1.077 botol," kata Untung.

Lebih lanjut Untung menuturkan, kegiatan tersebut merupakan rangkaian hari jadi Kejari Kota Bandung. Dia mengajak Kerjari daerah lainnya di Jabar melakukan kegiatan serupa. "Hal ini sebagai upaya untuk bersama-sama melindungi anak bangsa dari barang-barang membahayakan," ujar Untung.

Sumber : http://news.detik.com/ 

Berlangganan Berita Terbaru:

0 Response to "Puluhan Juta Uang Palsu, Senpi dan Narkoba Dimusnahkan Kejari Bandung"

Post a Comment

Sumber Lain