Ini Sikap yang Harus Diambil Jokowi Pasca Tewasnya Belasan Pemudik


JAKARTA - Sebanyak 13 pemudik tewas akibat kelelahan karena kemacetan di Tol Brebes saat arus mudik lalu. Peristiwa tersebut tidak bisa dianggap remeh dan Presiden Joko Widodo (Jokowi) harus segera mengambil sikap.

Menurut Ketua Presidium Indonesia Police Watch (IPW) Neta S Pane, ada tiga sikap yang harus dilakukan Jokowi. Pertama, meminta maaf pada seluruh masyarakat khususnya keluarga korban.

Kedua, segera mencopot Menteri Perhubungan Ignasius Jonan, Kakorlantas Polri Irjen Pol Agung Budi Maryoto dan Kapolda Jawa Tengah Irjen Pol Condro Kirono dan yang terakhir harus mengevaluasi bahwa mudik Lebaran dijadikan kondisi darurat.

"Sehingga perlu ada koordinator tanggap darurat di musim liburan, terutama saat mudik Lebaran," ujar Neta lewat rilsi yang diterima Sindonews, Senin (11/7/2016).

Baginya, koordinator tanggap darurat tidak hanya menyiapkan rekayasa lalu lintas tapi juga menyiapkan fasilitas dalam kondisi darurat di jalur macet, seperti helikopter untuk evakuasi, tim dokter, pasukan sepeda motor polisi sebagai kendaraan taktis, dan pasukan pemadam kebakaran.

"Bayangkan jika dalam neraka macet (Tol Brebes) itu ada mobil yang terbakar, apa yang akan terjadi. Kondisi inilah yang perlu diantisipasi. Sebab sebelumnya juga tidak pernah ada yang membayangkan bahwa kemacetan parah di jalur mudik bisa membuat tewas belasan pemudik," papar Neta.

Maka dari itu, Jokowi diharapkan bisa bersikap tegas membersihkan jajaran pemerintah supaya bisa bekerja lebih profesional, cepat, tanggap dan paham akan kondisi yang ada.

"Jadi tidak bisa seenaknya menyalahkan masyarakat yang sudah menjadi korban. Sehingga mudik macet seperti kemarin juga tidak terulang kembali," tutupnya.

Sumber : http://nasional.sindonews.com

Berlangganan Berita Terbaru:

0 Response to "Ini Sikap yang Harus Diambil Jokowi Pasca Tewasnya Belasan Pemudik"

Post a Comment

Sumber Lain