Hasil DNA, Nur Rohman Dipastikan Pelaku Bom Bunuh Diri Solo


Jakarta - Kepolisian Daerah Jawa Tengah mengumumukan hasil uji asam deoksiribonukleat atau DNA (deoxyribonucleic acid) dari jenazah pelaku bom bunuh diri di kantor Kepolisian Resort Kota Surakarta. Hasil uji DNA menyatakan pelaku adalah Nur Rohman, warga Sangkrah, Pasar Kliwon.

Polisi melakukan uji tes DNA antara jenasah pelaku dengan darah yang diambil dari Siti Aminah, istri Nur Rohman. Selain itu, polisi melakukan identifikasi lewat sidik jari dari jenasah pelaku bom bunuh diri sama dengan data sidik jari yang dimiliki Nur Rohman.

"Sidik Jari identik. Uji DNA 99 persen membenarkan itu Nur Rohman", kata Kapolda Jateng Irjen Polisi Condro Kirono usai berhalal bihalal dengan Gubernur Jateng Ganjar Pranowo, Senin (11/7).

Sementara itu, dari penulusuran polisi, sepeda motor Matic yang dikendarai Nur Rohman dengan nomor polisi AD-6136-HW merupakan milik Sri Nurliani, warga Ngemplak Kabupaten Boyolali. Beberapa bulan lalu, motor telah digadaikan ke orang lain dan berpindah tangan sebanyak tujuh kali.

Menurut Kepala Badan Nasional Penanggulangan Terorisme Komjen Pol. Tito Karnavian, jaringan teror bom bunuh diri di Mapolresta Surakarta tidak ada hubungannya dengan serangan bom Thamrin pada Januari lalu.

Terduga pelaku Nur Rohman tersebut merupakan tersangka pelaku pengeboman yang berhasil lolos pada operasi penangkapan yang dilakukan oleh anggota kepolisian Desember 2015.

"Kelompok yang dianggotai Nur Rohman ini sempat mau melakukan aksinya saat perayaan natal dan tahun baru. Tapi gagal," Kata Tito saat ditemui di pelataran Balai Sudirman, Jakarta Selatan, Rabu (6/7).
Rencana jaringan teroris tersebut digagalkan oleh anggota kepolisian dan delapan orang anggota tertangkap pada aksi tersebut. Sementara Nur Rohman berhasil melarikan diri.

Saat menjadi buronan, Nur Rohman sempat berpindah-pindah tempat. Dia pernah melakukan pelarian ke Jawa Timur, Jawa Barat dan berakhir di Jawa Tengah, Surakarta.

"Dia buron sejak Desember, tahu-tahu sudah ada di Surakarta itu kemarin pagi. Tapi sudah meninggal," kata Tito.

Tito menepis dugaan bom yang digunakan oleh pelaku untuk melakukan aksi bunuh dirinya kemarin merupakan sisa bom Thamrin. Asumsi itu dinilai tidak beralasan lantara tidak ada indikasi bukti yang menunjukan bahwa bom bunuh diri tersebut merupakan rangkaian serangan dari bom Thamrin.

Jika bom Solo merupakan rangkaian dari bom Thamrin, kata Tito, maka akan ada indikasi terjadinya teror lanjutan. Hal tersebut tentunya dinilai babkal menimbulkan kecemasan di masyarakat.

Tito menegaskan parlemen perlu segera merampungkan rancangan undang-undang antireror. Menurutnya perlu ada aturan penegak hukum, dukungan masyarakat yang terbuka, serta sarana dan prasarana untuk menanggulangi ancaman teror.

"Sinergitas, undang-undang, DPR, pemerintah, anggota kepolisian dan masyarakat sangat penting untuk memerangi (ancaman terorisme)," kata Tito.

Sumber : http://www.cnnindonesia.com

Berlangganan Berita Terbaru:

0 Response to "Hasil DNA, Nur Rohman Dipastikan Pelaku Bom Bunuh Diri Solo"

Post a Comment

Sumber Lain