Wakil Ketua KPK Laode M Syarif: Komjen Tito Buat Indeks Tata Kelola Kepolisian


Jakarta - Pimpinan KPK Laode M Syarif bercerita awal mula ia berkenalan dengan calon Kapolri Komjen Tito Karnavian. Kala itu Tito masih menjabat sebagi Asisten Kapolri Bidang Perencanaan Umum dan Anggaran (Asrena) dan Laode belum jadi pimpinan KPK.

"Saya berkenalan dengan Pak Tito hanya di akhir-akhir ketika beliau menjadi Asrena," kata Laode mengawali ceritanya dalam rapat dengar pendapat terkait pencalonan Tito sebagai Kapolri di Komisi III, Kompleks DPR, Senayan, Selasa (21/6/2016).

Laode bercerita, saat itu ia dipanggil ke Mabes Polri karena Tito ingin dibantu membuat indeks tata kelola kepolisian. Tito saat itu bermaksud untuk menilai kinerja kepolisian untuk tingkat Polda.

"Saya bilang mohon maaf, kami sangat ingin membuat indeks tata kelola kepolisian tetapi mohon maaf uang kami tidak ada. Beliau bilang 'saya akan pakai APBN'," ujar Laode.

Lantaran di kantornya tak boleh menggunakan dana APBN, Laode pulang ke kantor dan mendiskusikan niat Tito dengan rekan-rekan kantornya. Akhirnya disetujui.

"Akhirnya kita bikin dan itu sudah diluncurkan. Saya pikir indeks tata kelola kepolisian itu saya berharap bapak-bapak komisi III membacanya karena ada di web. Supaya bisa dimintai sebagai tanggung jawab karena di situ Polda di seluruh Indonesia ada nilai dan rankingnya," tutur Laode.

"Sehingga Pak Tito kalau mau memperbaiki semua kepolisian ada alat ukurnya. Sekarang indeks tata kelola kepolisian itu sudah dibuat dan sebagian karena sukses program awalnya, setelah saya ke KPK tetap dilanjutkan untuk tingkat Polres. Belum seluruh Polres di Indonesia tapi saya pikir itu perlu dibaca oleh Komisi III," paparnya.

Sumber : http://news.detik.com

Berlangganan Berita Terbaru:

0 Response to "Wakil Ketua KPK Laode M Syarif: Komjen Tito Buat Indeks Tata Kelola Kepolisian"

Post a Comment

Sumber Lain