Serang Pelari Maraton di AS, Induk Beruang Ditembak Mati


New Mexico - Seekor beruang betina ditembak mati di New Mexico, Amerika Serikat. Hal ini setelah beruang itu menyerang pelari maraton di Cagar Alam Nasional Valles Caldera.

Seperti dilansir Reuters, Selasa (21/6/2016), insiden ini terjadi akhir pekan lalu, ketika wanita pelari maraton itu ikut kejuaraan tahunan di area gunung api tak aktif sejauh 21 kilometer. Pelari ini tak sengaja mengejutkan sang beruang betina dengan tiba-tiba muncul di antara beruang itu dan tiga anak beruang.

"Sungguh pertemuan yang tak disengaja," sebut juru bicara Departemen Perikanan dan Perburuan wilayah New Mexico, Lance Cherry.

Korban yang tidak disebut namanya, diserang beruang betina itu hingga harus diterbangkan dengan helikopter ke rumah sakit di Alburquerque. Wanita itu dilaporkan menjalani perawatan medis atas luka-luka yang dideritanya. Namun luka-luka itu dinyatakan tidak membahayakan nyawanya. Cherry menambahkan, korban telah diperbolehkan pulang dari rumah sakit.

Otoritas setempat berhasil melacak keberadaan beruang itu, karena beruang itu mengenakan alat pelacak sebagai bagian dari penelitian. Setelah menemukannya, petugas terpaksa melakukan eutanasia terhadap beruang itu.

Tiga anak beruang itu masih dicari. Jika ditemukan, ketiga anak beruang itu akan dibawa ke pusat rehabilitasi satwa liar setempat. "Kami ingin memberikan kesempatan terbaik bagi mereka untuk bertahan hidup," terang Cherry.

Dijelaskan Cherry lebih lanjut, bahwa aturan hukum yang berlaku di negara bagian New Mexico mengharuskan otoritas dari Departemen Perikanan dan Perburuan untuk membunuh setiap satwa liar yang menggigit manusia karena satwa itu harus dimatikan demi uji coba rabies.

Secara terpisah, juru bicara Valles Caldera, Britney Van Der Weff, menyebut ada kurang dari 100 pelari yang ikut serta dalam kejuaraan pada Sabtu (18/6) lalu. Beberapa dari mereka berusaha membantu pelari wanita yang diserang beruang. Caldera yang terkenal di kalangan pemburu dan penggemar aktivitas outdoor, ditetapkan sebagai cagar alam nasional pada tahun 2014 lalu.

Sumber : http://news.detik.com

Berlangganan Berita Terbaru:

0 Response to "Serang Pelari Maraton di AS, Induk Beruang Ditembak Mati"

Post a Comment

Sumber Lain