Rusia Luncurkan Kapal Pemecah Es Terbesar di Dunia


MOSKOW -  Rusia baru-baru ini meluncurkan kapal pemecah es bertenaga nuklir terbesar di dunia atau dikenal dengan Project 22220. Kapal pemecah es ini dibuat untuk Rosatom, BUMN nuklir asal Rusia.

Menurut siaran pers Rosatom yang diterima Sindonews pada Kamis (23/6), kapal ini dibuat oleh Baltijskiy Zavod – Sudostroenie, sebuah perusahaan pembuat kapal dan galangan kapal. Kapal ini akan menjadi kapal pemecah es terbesar dan terkuat di dunia. 

"Kapal dirancang dengan sistem kemudi yang mandiri dan mampu membawa muatan dengan tonase yang besar, menyeberangi Perairan Artik Barat selama setahun penuh. Kapal pemecah es bertenaga nukir ini juga bisa digunakan sebagai penarik kapal layar atau jenis kapal lainnya di atas permukaan es dan di samudra terbuka. Kapal ini bisa memecah es dengan ketebalan hingga 2,9 meter," bunyi siaran pers Rosatom.

Kapal ini sejatinya sudah diluncurkan pada pertengahan Juni lalu. Upacara peluncuran dihadiri oleh para pejabat dan pemimpin perusahaan, seperti Ketua Dewan Federasi Majelis Federal Rusia Valentina Matvienko.

Dalam sambutannya, Matvienko mengatakan, ini adalah momen penting bagi Rusia. “Kapal pemecah es bertenaga nuklir terbesar dan terkuat di dunia ini telah meninggalkan tempat peluncurannya. Bagi banyak penjelajah kutub, hal ini bermakna untuk mengembangkan kawasan Artik,” ujar Matvienko.

Sumber: http://international.sindonews.com/

Berlangganan Berita Terbaru:

0 Response to "Rusia Luncurkan Kapal Pemecah Es Terbesar di Dunia"

Post a Comment

Sumber Lain