Menkum HAM Sebut Freddy Budiman Tak Terlibat Aktif di Kasus Sabu Ancol


Jakarta - Menteri Hukum dan HAM Yasonna Laoly menyatakan terpidana mati kasus narkotika Freddy Budiman tidak terlibat langsung dalam kasus penyelundupan sabu 33 kg di Ancol, Jakarta Utara. Para tersangka di kasus itu hanya bagian dari Freddy Budiman.

"Kalau Freddy Budiman bukan di situnya perannya. Tapi jaringan yang di luar, itu yang mungkin ada (peranannya)," tutur Yasonna di Hotel Mercure Ancol, Jakarta Pusat, Jumat (24/6/2016).

Menurut Yasonna, setiap bandar narkoba kelas kakap pasti memiliki jaringan. Namun bukan berarti, bandar kelas kakap yang sudah dipenjara terus terlibat langsung dengan jaringannya.

"Dari dulu, dia kan sudah punya orang di luar. Orang-orang yang dulu itulah mungkin, yang belum ketangkap sampai sekarang. Semua bandar, pasti punya orang yang dulu-dulu (masih di luar). Ya itu masih berupaya (mengedarkan)," tambahnya.

Ia melanjutkan, bahwa sindikat pengedar narkoba yang punya jaringan dengan orang di dalam lapas bisa terbentuk dengan adanya orang yang berpura-pura berkunjung ke lapas.

Namun, untuk Freddy Budiman, dirinya menyatakan pengawasan di lapas sudah ketat. Interaksi Freddy dengan pengunjung sudah diawasi ketat termasuk ketika datang ke Lapas Pasir Putih di Nusakambangan.

"Hanya kalau di (lapas) Pasir Putih, bertamunya sudah pakai kaca. Sudah tidak bisa lagi berhubungan langsung. Dan kita rekam pembicaraannya. Kalau di Pasir Putih, pembicaraan antara dia dan tamu melalui intekom. Jadi sudah ada pembatas kaca, tidak lagi bertatap muka," kata politisi PDIP ini.

Sebelumnya diberitakan, Badan Narkotika Nasional (BNN) pada Kamis (22/6) menggagalkan upaya penyelundupan narkotika jenis sabu di sebuah gudang di kawasan Ancol, Jakarta Utara. Narkoba seberat 33 kg tersebut dimasukkan ke dalam sebuah kotak besi seberat 800 Kg.

Kasus ini sebagai pengembangan atas ditemukannya sabu seberat 45 Kg di Rawa Bebek. Ia juga menyatakan bahwa pada dua pengungkapan tersebut mempunyai keterlibatan dari jaringan terpidana mati kasus narkoba Freddy Budiman.

Sumber : http://news.detik.com

Berlangganan Berita Terbaru:

0 Response to "Menkum HAM Sebut Freddy Budiman Tak Terlibat Aktif di Kasus Sabu Ancol"

Post a Comment

Sumber Lain