BG Geser Bang Yos Hilangkan Persepsi BIN Jatah TNI


JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) dinilai bijaksana jika menempatkan Komjen Pol Budi Gunawan (BG) sebagai Kepala Badan Intelijen Negara (BIN) menggantikan Letjen TNI (Purnawirawan) Sutiyoso (Bang Yos).

Persepsi bahwa Kepala BIN adalah jatahnya TNI bisa hilang jika Budi Gunawan menjabat Kepala BIN nantinya. "Bagus itu (kalau Budi Gunawan jabat Kepala BIN)," kata‎ Anggota Komisi III DPR Wenny Warouw di Gedung DPR, Senayan, Jakarta, Rabu (22/6/2016).

Lagipula dikatakannya, posisi Kepala ‎BIN juga pernah diisi dari kalangan Polri. Yakni, mantan Kapolri Jenderal (Purnawirawan) Sutanto pada periode 22 Oktober 2009-19 Oktober 2011.

"Cocoknya kenapa, di dunia kepolisian pun ada intelijen kepolisian‎. Jadi langkah yang baik kalau memang pemerintah menempatkan Budi Gunawan di sana (Kepala BIN)," tutur politikus Partai Gerindra ini.

Terlebih jika Komjen Pol Tito Karnavian ‎resmi menjabat Kapolri selanjutnya, jarak angkatan antara Tito dengan Budi Gunawan bila masih dipertahankan sebagai Wakapolri, sangat jauh. "Itu suatu kebijaksanaan yang baik," imbuhnya.

Lebih lanjut dia mengatakan, BG juga cukup banyak memiliki tulisan tentang intelijen.‎ "Walaupun tidak tertulis, seolah-olah BIN jatahnya tentara. Karena waktu Pak Sutanto juga masuk ke situ, itu juga tidak lama kurang lebih setahun selesai," kata mantan Direktur II Ekonomi Khusus Badan Reserse dan Kriminal Polri ini.



Sumber: http://nasional.sindonews.com


Berlangganan Berita Terbaru:

0 Response to "BG Geser Bang Yos Hilangkan Persepsi BIN Jatah TNI"

Post a Comment

Sumber Lain