Perahu Migran Terbalik di Laut Libya, 5 Tewas


ROMA - Angkatan Laut (AL) Italia menyatakan sebuah perahu kayu besar yang berisi para migran terbalik di lepas pantai Libya. Sekitar 550 orang berhasil diselamatkan dan lima lainnya ditemukan tewas.

Foto-foto menunjukkan perahu nelayan biru terombang-ambing cukup keras, sebelum terbalik dan membuat para migran jatuh ke laut. Beberapa kemudian naik ke lambung kapal yang terbalik, sementara yang lain berenang ke kapal yang berada di dekatnya atau menuju kapal angkatan laut.

AL Italia kemudian menyelamatkan para imigran yang berenang dengan menggunakan pelampung kapal patroli Bettica. Kapal Bettica awalnya hendak mendekati kapal yang nahas itu untuk membagikan pelampung. Namun, belum sempat memulai penyelamatan, kapal tersebut telah terbalik seperti dikutip dari Reuters, Rabu (25/5/2016).

Kedatangan kapal migran ke Italia naik tajam dalam minggu ini, seiring cuaca hangat dan kondisi laut yang tenang. Penjaga pantai Italia mengatakan, 5.600 migran diselamatkan pada hari Senin dan Selasa. Hal ini menimbulkan kekhawatiran jika jumlah tersebut akan terus meningkat.

Dalam dua tahun terakhir, lebih dari 320.000 migran perahu telah tiba di pantai Italia dan sekitar 7.000 meninggal di Mediterania dalam upaya mencapai Eropa, menurut Organisasi Internasional untuk Migrasi.


Sumber: http://international.sindonews.com



Berlangganan Berita Terbaru:

0 Response to "Perahu Migran Terbalik di Laut Libya, 5 Tewas"

Post a Comment

Sumber Lain