Melunak, Sikap Donald Trump Tentang 'Pencekalan Bagi Muslim'


AMERIKA- Kandidat presiden dari Partai Republik Donald Trump tampaknya telah melunakkan sikapnya pada gagasan mencekal sementara orang Islam yang mau berkunjung ke AS.

Menanggapi pernyataan Walikota London Sadiq Khan, dalam percakapan dengan Fox News Radio, Trump mengatakan bahwa larangan itu 'sekadar saran.'

Sadid Khan yang baru terpilih sebagai walikota London sebelumnya menyatakan bahwa ia tidak akan dapat melakukan perjalanan ke AS di bawah pemerintahan Trump karena agamanya Islam.

Trump sempat mengatakan akan memberikan 'pengecualian' bagi Khan.

Khan menolak tawaran Trump, mengatakan pandangan pengusaha New York itu 'ngawur' dan akan membuat Inggris dan AS 'lebih tidak aman.'

Trump mengusulkan dilarangnya Muslim memasuki AS setelah serangan di Paris yang menewaskan 130 orang tahun lalu.

Larangan yang dicetuskan Trump menuai banyak kritik, baik di Amerika Serikat maupun luar negeri. Namun Trump tetap teguh dengan usulannya. Alasan Trump, aturan tersebut diperlukan guna memastikan keamanan di AS.

Itu sekadar pencekalan sementara, belum dipastikan," kata Trump, Rabu (12/5). "Ini sekadar usulan saja hingga kita tahu pasti apa yang terjadi sebenarnya," tambah Trump.

Namun sangat banyak tokoh penting Partai Republik, termasuk dua Bush bekas presiden, George H Bush dan George W Bush, bekas calon presiden Mitt Romney dan John McCain, serta Ketua DPR AS, Paul Ryan.

Khan - anak seorang imigran Pakistan - adalah wali kota Muslim pertama di London, setelah mengalahkan saingan terdekatnya dari Partai Konservatif, Zac Goldsmith.

Wali kota baru asal Partai Buruh ini memperoleh suara sebanyak 994.614, dari 1.310.143 pemilih,

"Saya ingin pergi ke Amerika untuk bertemu dan bertukar pikiran dengan wali kota-wali kota Amerika," kata Khan kepada majalah Time. "Namun, jika Donald Trump menjadi presiden, maka saya tidak akan pergi ke sana karena agama saya."


Sumber: http://www.bbc.com

Berlangganan Berita Terbaru:

0 Response to "Melunak, Sikap Donald Trump Tentang 'Pencekalan Bagi Muslim'"

Post a Comment

Sumber Lain