Komandan penting Hizbullah tewas oleh serangan Israel


SURIAH- Seorang komandan terpenting Hizbullah tewas dalam operasi Israel di Suriah, ungkap organisasi militan Syiah berbasis Lebanon itu.
Belum ada rincian tentang peristiwa pembunuhan itu, tapi TV Libanon al-Mayadeen mengatakan, Mustafa Amine Badreddine tewas dalam serangan udara Israel terhadap sebuah lokasi dekat bandara Damaskus.
Israel belum mengomentari pernyataan ini.
Badreddine - dan tiga anggota Hizbullah diduga lainnya - dituduh membunuh mantan PM Libanon Rafik Hariri di Beirut pada tahun 2005.

Mengumumkan kematian Badreddine ini, Hizbullah mengatakan: "Dia mengambil bagian dalam sebagian besar operasi perlawanan Islam sejak tahun 1982."
Lahir pada tahun 1961, ia diyakini sebagai tokoh senior di sayap militer Hizbullah.
Dia adalah sepupu dan ipar dari Imad Mughniyeh, yang adalah kepala sayap militer sebelum tewas trbunuh akibat bom mobil di Damaskus pada tahun 2008.

Badreddine dilaporkan menjabat juga sebagai anggota Dewan Syura Hizbullah dan penasihat pemimpin Hizbullah, Hassan Nasrallah.
Menurut sebuah laporan, anggota Hizbullah yang diinterogasi oleh Dinas Intelijen Keamanan Kanada (CSIS), menggambarkan Badreddine 'lebih berbahaya' dari Mughniyeh, yang merupakan 'gurunya dalam terorisme.'
Mereka diduga bekerja sama pada pemboman barak Korps Marinir AS di Beirut, Oktober 1963, yang menewaskan 241 orang.
Hizbullah - Partai Allah - adalah organisasi politik, militer dan sosial Syiah yang memiliki kekuasaan yang cukup besar di Lebanon.
Kelompok ini muncul dengan bantuan Iran selama pendudukan Israel di Lebanon pada awal 1980-an, meskipun akar ideologisnya bisa ditarik jauh ke kebangkitan Islam Syiah di Lebanon pada 1960-an dan 70-an.

Berlangganan Berita Terbaru:

0 Response to "Komandan penting Hizbullah tewas oleh serangan Israel"

Post a Comment

Sumber Lain