Kebakaran Besar Hutan di Kanada, 100 Ribu Lebih Warga Mengungsi


OTTAWA - Kebakaran besar melanda kawasan hutan di Alberta, Kanada, yang hingga membuat 100 ribu lebih warga sekitar mengungsi.

Jumat (6/5/2016) ini merupakan hari keenam api melalap Kota Fort McMurray yang dikenal sebagai kota tambang minyak di Kanada.

Yang menjadi korban adalah penduduk Kota Fort McMurray, yang segera dievakuasi secara massal saat api terus melalap hutan hingga 85 ribu hektar.

Kebakaran sangat sulit diredam meski sembilan pesawat pemadam, puluhan helikopter, dan sekitar 100 petugas damkar dikerahkan.

Bencana tersebut diperparah oleh angin kencang serta cuaca panas dan kering yang melanda daerah Alberta, sehingga api cepat menyebar.

Selain pemadaman, upaya pengevakuasian juga digencarkan sembari melomba cepatnya penyebaran api ke wilayah sekitarnya.

"Kami kini sedang bekerja sama dengan pihak industri migas di sini untuk melakukan evakuasi melalui udara sebanyak mungkin," kata Kepala Provinsi Alberta, Rachel Notley.

"Kebakaran itu sangat besar. Tapi, yang menjadi kunci adalah perlindungan infrastrukstur dan warga setempat," tambahnya.

Menurutnya, sebanyak 88 ribu warga yang telah dievakuasi akan ditempatkan secara sementara di sejumlah tempat pengungsian.

Evakuasi udara tengah dipersiapkan untuk sekitar 25 ribu warga sisanya, untuk mempercepat upaya pengevakuasian.

Kebakaran yang tak memakan korban jiwa itu membuat wilayah itu diliputi asap hitam pekat tebal, yang bahkan terlihat dari satelit NASA di luar angkasa.

Perdana Menteri (PM) Kanada Justin Trudeau telah menghubungi Notley untuk menawarkan bantuan negara dan menyampaikan keprihatinannya atas kebakaran itu. (ABC Online/AFP)

Sumber: http://www.tribunnews.com

Berlangganan Berita Terbaru:

0 Response to "Kebakaran Besar Hutan di Kanada, 100 Ribu Lebih Warga Mengungsi"

Post a Comment

Sumber Lain