Kata Ridwan Kamil Soal Gelar Doktor HC dari Unpad untuk Megawati


Bandung - Wali Kota Bandung Ridwan Kamil mengapresiasi atas gelar doktor honoris causa yang dianugerahkan kepada mantan Presiden RI Megawati Soekarnoputri di Kampus Universitas Padjadjaran, Kota Bandung, Rabu (25/5/2016).

Ia menilai Ketua Umum PDIP itu adalah sosok perempuan yang konsisten menapaki karir di dunia politik.

"Ibu Mega ini adalah tokoh yang konsisten di politik. Kemudian melahirkan partai yang solid. Juga beliau menjadi satu-satunya perempuan yang usia politiknya panjang," ujar pria yang akrab disapa Emil itu usai acara.

Dengan sepak terjang Putri Bung Karno di kancah politik, Emil mengakui Putri Bung Karno tersebut layak mendapatkan gelar doktor honoris causa. Karena menurutnya, gelar tersebut sulit diperoleh jika seseorang tidak memiliki rekam jejak yang mumpuni di bidangnya.

"Konsistensi yang cukup panjang dengan berbagai teori dan paparan yang mengubah arah bangsa ini diukur Unpad sebagai keunggulan beliau sehingga berhak mendapat gelar Honoris Causa," kata Emil.

Meskipun Megawati tidak menjabat presiden selama satu periode penuh. Namun menurut Emil, kontribusi kepemimpinannya yang berazaskan demokrasi menjadi satu hal yang menjadi dasar Unpad memberikan gelar doktor honoris causa.

"Yang saya simak menurut Unpad tadi, terkandung teori versi Megawati yang dipraktikkan secara utuh dalam politik pemerintahan," ujar pria berkacamata itu.

Selain itu, Emil juga melihat prinsip politik dalam pemerintahan Megawati banyak yang diadaptasi dari sang ayah, Bung Karno. "Saya juga banyak belajar gaya kepemimpinan dan berpolitik ala Sukarno," tandasnya.
(avi/ern)

Sumber: http://news.detik.com

Berlangganan Berita Terbaru:

0 Response to "Kata Ridwan Kamil Soal Gelar Doktor HC dari Unpad untuk Megawati"

Post a Comment

Sumber Lain