Antrean Calon Tentara di Yaman Diguncang Bom Bunuh Diri, 41 Orang Tewas


Aden - Dua ledakan bom mengguncang kota Aden, Yaman. Ledakan ini mengenai antrean para pemuda yang hendak bergabung militer Yaman dan menewaskan sedikitnya 41 orang.

Otoritas setempat, seperti dilansir Reuters dan AFP, Senin (23/5/2016), ledakan pertama ini didalangi pengebom bunuh diri yang bergabung dalam antrean calon tentara yang hendak mendaftar masuk militer Yaman. Pendaftaran digelar di kediaman salah satu jenderal senior di distrik Khor Maksar, Aden.

Disebutkan komandan pasukan khusus Yaman, Brigadir Jenderal Nasser al-Sarei, sedikitnya 34 orang, yang sebagian besar calon tentara Yaman, tewas akibat ledakan tersebut. Aden yang merupakan kota pelabuhan itu, menjadi ibu kota sementara Yaman. Ibu kota de facto Yaman, yakni Sanaa masih diduduki oleh kelompok pemberontak Houthi.

Situs berita lokal, Aden al-Ghad, menampilkan foto dari lokasi ledakan ketika para tentara mengevakuasi calon tentara yang tewas. Sejumlah saksi mata melaporkan, raungan sirene ambulans terus terdengar dari lokasi ledakan seiring evakuasi korban luka dilakukan. Korban luka dilaporkan mencapai 60 orang.

Disampaikan pejabat lokal, bahwa satu ledakan bom lainnya terjadi di dalam markas militer setempat. Ledakan ini dilaporkan menewaskan tujuh tentara Yaman dan melukai beberapa orang lainnya. Tidak diketahui pasti apakah kedua ledakan bom itu saling terkait.

Ledakan bom ini terjadi setelah militer Yaman yang didukung Uni Emirat Arab, berhasil merebut kembali sejumlah area di pantai selatan Yaman dari militan Al-Qaeda, bulan lalu. Selama ini, Al-Qaeda di Semenanjung Arab (AQAP) terus memanfaatkan kekacauan yang melanda Yaman akibat serangan pemberontak Houthi. 

Belum ada kelompok maupun pihak tertentu yang mengklaim bertanggung jawab atas dua ledakan ini. Namun beberapa waktu terakhir, Al-Qaeda jugaIslamic State of Iraq and Syria (ISIS) yang bermusuhan, mengklaim bertanggung jawab atas serangkaian serangan teror terhadap militer Yaman.

Sumber: http://news.detik.com



Berlangganan Berita Terbaru:

0 Response to "Antrean Calon Tentara di Yaman Diguncang Bom Bunuh Diri, 41 Orang Tewas"

Post a Comment

Sumber Lain