Angin Puting Beliung Menerbangkan Atap Rumah Warga Solok

Puting Beliung Hantam 2 Jorong di Solok Sumbar, Atap Rumah Warga BertebanganSolok- Puluhan rumah warga Nagari Selayo, Kecamatan Kubung, Kabupaten Solok, Sumatera Barat, rusak parah akibat diterjang angin puting beliung, pada Senin malam (2/5).
"Data hingga Selasa pagi (3/5) ada 25 rumah warga, dua musholla, satu gedung sekolah PAUD mengalami kerusakan, namun tidak ada korban jiwa maupun luka," kata Sekretaris Camat Kubung, Nofiarman di Selayo, Selasa (3/5).
Nofiarman menambahkan kejorongan yang terkena musibah angin puting beliung itu adalah Jorong Batu Palano, Sawah Sudut dan Lurah Nan Tigo.
Sebagian besar rumah penduduk mengalami kerusakan di bagian atap lepas, dan dinding rusak akibat tertimpa pohon kelapa yang tumbang.
"Kami sudah mengimbau masyarakat untuk secara bersama melakukan perbaikan dan pembersihan batang pohon kelapa yang tumbang menimpa rumah penduduk," pintanya.
Pembersihan itu dibantu petugas dengan mesin pemotong kayu agar pekerjaan lebih ringan dan cepat. Sementara korban dengan rumah rusak parah dan tidak bisa ditinggali akan diungsikan ke rumah keluarga terdekat.
Selain merusak rumah dan fasilitas umum, angin puting beliung itu juga menumbangkan belasan tiang listrik PLN, yang menyebabkan arus listrik di kawasan itu padam seketika.
Pihak kecamatan sudah menurunkan petugas untuk melakukan pendataan dari jorong ke jorong agar diperoleh kepastian berapa kerugian yang dialami warga.
"Saat ini fokus utama kami adalah melakukan perbaikan atap dan dinding serta pembersihan pohon yang tumbang," jelasnya.
Mardan (42) warga Munggu Tanah Jorong Batu Palano, Nagari Selayo yang rumahnya rusak parah mengungkapkan, selain angin kencang hujan lebat dan listrik padam juga menimpa kawasan itu, sehingga membuat penduduk ketakutan menyelamatkan diri.
"Pada malam itu semua warga panik, bagi warga yang rumahnya rusak parah segera diungsikan ke rumah tetangga yang masih bisa dihuni," ucap Mardan kepada Antara.
[cob]
Sumber: www.merdeka.com

Berlangganan Berita Terbaru:

0 Response to "Angin Puting Beliung Menerbangkan Atap Rumah Warga Solok"

Post a Comment

Sumber Lain