Menyusuri Jejak Para Nabi di Yerusalem

 
Dome Of The Rock


Yerusalem - Jejak para nabi terukir di Yerusalem. Mulai dari Nabi Daud, Sulaiman, Isa, hingga Muhammad. Inilah kota suci 3 agama.

Yerusalem dalam bahasa Arab disebut Ursalim Al Quds yang berarti tempat damai nan suci . Inilah kota bersejarah bagi umat Yahudi, Nasrani dan Islam. Di Yerusalem terdapat tiga bangunan bersejarah yang disucikan oleh umat Yahudi, Nasrani dan Islam. Tak heran bila kawasan ini mendapat julukan Tanah Suci Tiga Agama.

Bagi umat Yahudi, Yerusalem adalah tempat Nabi Daud mendirikan kerajaan Israel pada tahun 1000 Sebelum Masehi setelah mengalahkan Goliath di Filistin yang sekarang dikenal sebagai Palestina. Saat itu kekuasaan Nabi Daud membentang sepanjang tepi Sungai Nil hingga Efrat di Babilonia (Irak).

Setelah Nadi Daud mangkat pada tahun 922 Sebelum Masehi, kekuasaan kemudian diserahkan kepada anaknya Nabi Salomo. Di bawah kepemimpinan Nabi Salomo inilah dibangun sebuah tempat peribadatan yang dikenal oleh orang Yahudi dengan nama Bait Salomo atau Bait Sulaiman. Bait Sulaiman menurut Alkitab adalah bait suci pertama agama Yahudi kuno di Yerusalem.

Tembok Ratapan
Setelah Salomo wafat, Israel dilanda perang saudara. Wilayah kerajaan pun terbelah menjadi dua; sebelah utara Israel dengan ibu kota Samaria dan bagian selatan Yehuda beribukota Yerusalem.

Akibat perang tak berkesudahan itulah kini Bait Suci tinggal tersisa tembok sebelah barat. Kini sisa-sisa reruntuhan yang diyakini bagian dari Bait Suci menjadi tempat peribadatan umat Yahudi dan dikenal sebagai 'Tembok Ratapan'.

Sekitar 300 meter dari 'Tembok Ratapan' ada lokasi yang diyakini sebagai tempat tinggal dan disalibnya Yesus. Di tempat ini pula terdapat sebuah jalan yang diyakini sebagai tempat Yesus diarak setelah disiksa dan kemudian disalib. Jalan di mana Yesus diarak itu kemudian diberi nama Via Delorosa (Jalan Kesengsaraan) dan menjadi tempat bersejarah bagi umat Nasrani.



Masjid Al Aqsa
 Di bagian atas 'Tembok Ratapan', ada Masjid Al Aqsa, tempat bersejarah sekaligus kiblat pertama umat Islam. Masjidil Aqsa merupakan masjid suci umat Islam ketiga setelah Makkah dan Madinah. Di tempat inilah Nabi Muhammad melakukan Miraj dan mendapat perintah Salat. Lokasi persisnya diyakini adalah dari baru Dome of The Rock.

Seperti apa wujud tiga tempat suci dan bersejarah itu saat ini? detikTravel berkesempatan menyusuri Yerusalem tempat suci tiga agama tersebut beberapa bulan silam.

"Ini (Yerusalem) tempat penting dan bersejarah bagi Yahudi, Nasrani, dan Islam," kata Roley Horowitz, seorang pemandu wisata keturunan India berkewarganegaraan Israel yang menemani kami.

detikTravel berkesempatan ke Betlehem melihat Gereja Kelahiran atau Church of Nativity yang dianggap sebagai salah satu gereja tertua di dunia dan dibangun tahun 326 M. Gereja ini dibangun tepat di tempat kelahiran Yesus Kristus dan dianggap sebagai bangunan suci baik oleh umat Kristen maupun Muslim.

Tempat Kelahiran Yesus Kristus
 Sumber : www.detik.com

Berlangganan Berita Terbaru:

0 Response to "Menyusuri Jejak Para Nabi di Yerusalem"

Post a Comment

Sumber Lain