Kecam Keras Peluncuran Rudal Balistik Korut, PBB Akan Ambil Tindakan


Pyongyang, - Dewan Keamanan PBB mengecam keras Korea Utara (Korut) karena kembali melakukan uji coba rudal balistik. DK PBB pun sepakat untuk mengambil "langkah-langkah signifikan" sebagai respons atas peluncuran rudal negeri komunis itu.`

DK PBB mengeluarkan statemen bersama berisi kecaman keras atas peluncuran rudal tersebut. Draf statemen tersebut disampaikan oleh Amerika Serikat dan didukung China, sekutu utama Korut.

Seperti dilansir kantor berita AFP, Sabtu (27/8/2016), ke-15 negara anggota DK PBB sepakat untuk "terus memonitor situasi dengan seksama dan mengambil langkah-langkah lebih jauh yang signifikan," demikian bunyi statemen bersama tanpa menjelaskan lebih detail.

Korut telah beberapa kali mendapat sanksi PBB sejak negeri itu pertama kali melakukan uji coba nuklir pada tahun 2006. Namun pada Rabu, 24 Agustus, Korut untuk kesekian kalinya kembali melakukan uji tembak rudal balistik. Rudal balistik yang ditembakkan Korut dari kapal selam itu, untuk pertama kalinya masuk ke zona pertahanan udara Jepang. Hal ini memancing kemarahan dan kecaman dari otoritas Jepang.

Pejabat Kementerian Pertahanan dan Kepala Staf Gabungan Militer Korea Selatan mengatakan, rudal balistik ditembakkan pada Rabu (24/8) pukul 05.30 waktu setempat dari sebuah lokasi dekat kota pantai Sinpo. Citra satelit menunjukkan kapal selam Korut siaga di lokasi itu.

Sekretaris Kabinet Jepang, Yoshihide Suga, menyebut proyektil yang diluncurkan Korut mengudara hingga mencapai zona identifikasi pertahanan udara Jepang atau ADIZ, untuk pertama kalinya. ADIZ adalah zona yang dikuasai negara bersangkutan, demi mempertahankan keamanan wilayah udara.

Rudal balistik Korut itu dilaporkan berhasil mengudara sejauh 500 kilometer ke arah Jepang. Jarak jangkauan ini, sebut pakar rudal dan pejabat Korsel, mengindikasikan upaya Korut untuk mengembangkan sistem rudal yang diluncurkan dari kapal selam telah berhasil. Pemimpin Korut Kim Jong Un pun mengklaim peluncuran rudal tersebut sukses besar.

Sumber : http://news.detik.com

Berlangganan Berita Terbaru:

0 Response to "Kecam Keras Peluncuran Rudal Balistik Korut, PBB Akan Ambil Tindakan"

Post a Comment

Sumber Lain