Intoleransi Kian Tinggi, Ketua MPR Tegaskan Pentingnya Sosialisasi Nilai Luhur


Jakarta - Ketua MPR RI Zulkifli Hasan pagi ini menerima Ketua Umum Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Institut Lembang Sembilan Alwi Hamu di ruang kerjanya. Pertemuan ini membahas mengenai memudarnya nilai saling menghargai keragaman di Indonesia saat ini.

Alwi yang didampingi oleh Sekjen DPP Institut Lembang Sembilan Eva Sundari dan pengurus lainnya merasa prihatin dengan sikap intoleransi yang kian meninggi. Dalam kesempatan ini, Eva juga menyampaikan pentingnya pendekatan konstitusi dalam memutus rantai masalah radikalisme dan narkoba.

"Hasil riset situasi di Indonesia yang intoleransi luar biasa, bahkan Indonesia dikategorikan kebebasan beragama paling buruk di dunia. Pendekatan konstitusional yang jarang digunakan," ujar Eva di ruang kerja Ketua MPR RI, Komplek Parlemen, Jakarta, Rabu (24/8/2016).


Eva menyarankan MPR menjalin kerjasama dengan sejumlah lembaga, seperti BNPT, Kementerian Agama, Kementerian Riset dan Teknologi serta Kementerian Dalam Negeri dalam menghidupkan kembali pemahaman pentingnya Pancasila sebagai dasar negara.

"Bagaimana MPR konkretnya melakukan MoU dengan Kemendagri, Dikti dan sebagainya. Kalau tidak melalui pendidikan jalur kulturalnya tidak jalan. Pentingnya pendekatan konstitusi," sambungnya.

Menanggapi itu, Zulkifli Hasan berharap Institut Lembang 9 bisa melakukan kajian lebih mendalam mengenai kondisi bangsa saat ini. Bagaimana peran Pancasila dalam pembangunan bangsa. Sebab saat ini kesenjangan sosial masih tinggi. Sehingga perlu ada kajian lebih mendalam.

"Saya kira perlu dikaji. Kesenjangan kan bukan antar individu tapi juga daerah. DKI APBD-nya bisa sampai Rp 70 triliun, sedangkan Maluku cuma Rp 2 triliun dengan begitu banyak pulau. Kesenjangan pusat dan daerah, antar individu masih jauh," kata Zulkifli.

"Keragaman harus dihargai. Menurut saya lembaga yang menyosialisasikan nilai-nilai luhur sudah tidak ada lagi, hanya diserahkan ke MPR. Membangun karakter bangsa kan bukan oleh satu pihak, tapi semuanya," pungkasnya.

Sumber : http://news.detik.com

Berlangganan Berita Terbaru:

0 Response to "Intoleransi Kian Tinggi, Ketua MPR Tegaskan Pentingnya Sosialisasi Nilai Luhur"

Post a Comment

Sumber Lain