Serba Digital, Siswa SMA Pangkalpinang Kerjakan Tugas hingga Cek Rapor via Aplikasi


Pangkalpinang - Pesatnya perkembangan zaman, menuntut sistem pendidikan untuk terus berinovasi. Salah satu caranya adalah dengan mengikuti perkembangan teknologi. Hal itulah yang mendasari SMAN 3 Pangkalpinang, Bangka Belitung, untuk mengembangkan pendidikan berbasis IT.

Di sekolah ini, guru tidak membatasi siswa untuk menggunakan gadget mereka. Justru sekolah memanfaatkannya untuk menunjang pembelajaran dengan mengajak siswa mendownload aplikasi school media dan edmodo.


Kepala Sekolah SMAN 3 Pangkalpinang, Kunlistiani menjelaskan, aplikasi ini tak hanya dapat dimanfaatkan oleh guru dan siswa saja, namun juga orang tua. Dinas Pendidikan dan pejabat berwenang lainnya juga dapat melakukan monitoring melalui aplikasi ini.

"Untuk ujian kenaikan kelas (UKK), kami sudah pakai aplikasi ini, dari kelas X sampai kelas XII," kata Kun di SMAN 3 Pangkalpinang, Babel, Selasa (19/7/2016).


Siswa dapat mengerjakan ujian kenaikan kelas dengan menggunakan ponsel android atau laptop. Sementara bagi siswa yang tak memiliki keduanya, dapat menggunakan fasilitas lab komputer milik sekolah. Menurut Kun, dari 803 siswa SMAN 3 Pangkalpinang, hanya sekitar 90 siswa yang menggunakan komputer sekolah untuk mengerjakan UKK.

Selain praktis, mengerjakan ujian melalui aplikasi juga mencegah kecurangan siswa. Sebab seluruh soal diacak sehingga tak ada siswa yang mendapatkan soal sama persis meskipun mata pelajaran yang diujikan sama.

"Kalaupun mau contek-contekan, keburu habis waktu karena soalnya diacak, pilihan gandanya juga diacak," katanya.

Usai ujian, siswa dapat langsung mengetahui berapa nilai mereka. Kunci jawaban yang benar juga dapat diakses di aplikasi tersebut sebagai bahan koreksi siswa, yang tentunya atas seizin guru.

Orang tua juga dapat mengetahui rekapan nilai anaknya melalui aplikasi itu. Bahkan nilai rapor juga dapat diakses dari aplikasi school media. Ke depan, SMAN 3 Pangkalpinang akan memasukkan data presensi siswa ke dalam sistem, sehingga para orang tua dapat memonitornya dengan mudah.

"Jadi kalau besoknya pembagian rapor, tengah malam, orang tua sudah bisa mengakses nilai anaknya. Jadi anak nggak bisa bohong," kata Kun.

Selain memudahkan siswa, aplikasi ini juga sangat meringankan kerja guru. Mereka tak perlu lagi melakukan rekap nilai manual yang sangat menyita waktu dan tenaga. Konsistensi nilai juga lebih terjaga dengan adanya aplikasi ini.

"Kalau manual, guru masih bisa mengubah nilai siswa. Kalau sekarang nggak bisa, harus konsisten," tegasnya.

Sumber : http://news.detik.com

Berlangganan Berita Terbaru:

0 Response to "Serba Digital, Siswa SMA Pangkalpinang Kerjakan Tugas hingga Cek Rapor via Aplikasi"

Post a Comment

Sumber Lain